Menu Click to open Menus
Home » Hukrim » ISTRI OKNUM ANGGOTA MARINIR DITUNTUT 10 TAHUN ” Umalik Miliki Sabu 38 gram “

ISTRI OKNUM ANGGOTA MARINIR DITUNTUT 10 TAHUN ” Umalik Miliki Sabu 38 gram “

(813 Views) April 6, 2017 10:55 am | Published by | No comment

umalik dan fariji saling berpandangan setelah mendengar tuntutan JPU/dok. Junaedi Lensa Nasional [ istimewa ]

AWAS –  SURABAYA – Umalik bin Suhadak (38) ,warga Komplek perumahan Dinas Marinir Karang Pilang ( Jalan Pasopati 02. Rt.02 Rw.04 ) ter isak, sambil meneteskan airmata setelah mendengar tuntutan dari Jaksa Penuntut Umum ( JPU ) Anggraini SH di Pengadilan Negeri Surabaya,(6/4/17).

 

Bandar Narkoba yang kedapatan memiliki narkotika jenis sabu seberat 38,22 gram ini hanya dituntut (10) tahun, denda (1) Milyar subsider (3) bulan penjara oleh JPU,lebih ringan dari ancaman maksimal dari pasal yang didakwakan, 114 ayat (2) UU No. 35/2009 tentang Narkotika. dengan ancaman hukuman Mati. atau penjara seumur hidup, minimal enam tahun penjara.

 

Tak hanya sabu,dari tangan terdakwa petugas juga mendapatkan barang bukti  berupa( 1) poket serbuk putih berat sekitar 0,66 gram, ( 6) butir pil ekstasi warna biru dengan logo (R) , (1) pipet kaca, (2) sekrop plastik,( 1) perangkat alat hisap sabu-sabu, (4) buku catatan transaksi, 1 timbangan elektrik, (1) alat pres dan uang tunai Rp 600 ribu.

 

Diketahui dari dakwaan sebelumnya Kamis (23/2/17).  Jaksa Anggraini menerangkan,bahwa petugas Denintel Marinir dan Denprov mengamankan saksi Moch Rofik Bin H Rofii ketika kedapatan membeli narkotika jenis sabu-sabu (SS) dari terdakwa Umalik yang tinggal di Perumahan Dinas Marinir tersebut. Selanjutnya petugas Denintel Marinir dan Denprov melakukan penggerebekan di rumah terdakwa dan menemukan se abrek barang-barang haram yang sudah siap edar.

 

Walaupun terdakwa mengaku baru dua bulan jualan Narkoba,akan tetapi barang bukti yang berhasil diamankan oleh petugas bisa dibilang fantastis. faktor ekonomi juga tak luput dari alasan Umalik untuk nekat menjalankan bisnis ilegal tersebut karena merasa menanggung biaya hidup tiga orang buah hatinya yang masih dibawah umur.

Umalik sedikit tersenyum sambil berjalan keluar ruangan

“ Anak ku masih kecil-kecil mas yang paling dewasa duduk dibangku (SMP),sedangkan dua saudaranya lagi duduk dibangku( SD), apa lagi sekitar empat bulan yang lalu suamiku desersi dari kesatuan nya “ papar istri dari anggota Marinir itu (.6/4/17).

 

Penasehat Hukum Umalik, Fariji SH. Juga membenarkan keterangan dari klienya, bahwa selain faktor kebutuhan ekonomi, desersi akan suami Umalik dari kesatuan lah yang paling mendominasi kejiwaan klienya untuk berbuat nekat menjual belikan Narkoba.

 

“ Suaminya memang Desersi ( istilah melakukan pelanggaran disiplin militer terhadap tugasnya),mungkin itu alasan utama ia berbuat nekat jualan Narkoba, lagian ketiga anaknya juga masih kecil-kecil, selain butuh biaya untuk sehari-hari mereka juga butuh kasih sayang seorang ayah, ditambah lagi kini Ibunya harus mendekam di penjara,  siapa nanti yang merawat mereka.

 

Tapi aku bersukur, fakta-fakta dipersidangan setidaknya telah meyakinkan JPU dalam melakukan tuntutan yang saya anggap secara pribadi adalah tuntutan yang ringan karena dakwaannya pasal 114 ayat (2)” terang  nya.

JPU Anggraini SH 6/4/17.

Hal berbeda  di nyatakan oleh Anggraini, ia membantah kalau tuntutanya adalah tuntutan yang ringan “ sepuluh tahun itu nggak ringan , standard itu ” pungkas  Anggraini.pada awasnews.com. ( Jun )


Berita Terkait

Tags:
Categorised in:

No comment for ISTRI OKNUM ANGGOTA MARINIR DITUNTUT 10 TAHUN ” Umalik Miliki Sabu 38 gram “

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.