Menu Click to open Menus
Home » Hukrim » Tersangka Kasus Korupsi Aset PT. PWU Kembalikan Uang Kerugian Negara Sebesar 2 Milyar

Tersangka Kasus Korupsi Aset PT. PWU Kembalikan Uang Kerugian Negara Sebesar 2 Milyar

(558 Views) Juni 14, 2017 1:17 pm | Published by | No comment

___________AWASNEWS.COM

SURABAYA | – Hari ini, Rabu, 14/6/17. Tersangka atas kasus Korupsi pembeli aset PT.PWU ,Oepojo. menepati janjinya untuk mengembalikan uang kerugian negara sebesar 1,5 Milyar, yang sebelumnya (7/6/17). Pekan lalu, tersangka bersama kuasa hukumnya sudah menyerahkan uang 500 juta kepada Kejaksaan Tinggi Jawa Timur. Total 2 Milyar sudah, uang yang dikembalikan tersangka pada skandal korupsi yang merugikan uang negara mencapai 10,8 Milyar tersebut.

Pengembalian uang kerugian negara itu berlangsung sekitar pukul 15.00 WIB atau bersamaan dengan pemeriksaan Oepojo sebagai tersangka oleh penyidik. Pihak Kejati Jatim sendiri menghitung satu persatu uang pecahan Rp 100.000 tersebut.

Karena tumpukan uang itu merupakan tanggung jawab dari penyidik jika sewaktu-waktu terjadi penyusutan. Untuk menghitung uang sebanyak itu membutuhkan waktu sekitar 30 menit. Lantas uang yang sudah dihitung tersebut ditaruh di atas meja.

Meski tersangka telah melakukan pengembalian uang kerugian negara, tidak serta merta uang tersebut menghapus unsur pidana korupsinya. ” ini hanya akan menjadi pertimbangan hakim dalam persidangan. ” Terang Kasi Penkum Kejati Jatim, Ricard Marpaung. pada AWASNEWS.COM, 14/6/17.

Selain dari tersangka oepoyo, penyidik juga akan mengupayakan pengembalian uang kerugian negara dari tersangka Sam Santoso, yang mengaku sakit sejak Oktober 2016 Silam.

Santoso dan Oepojo adalah rekanan pembeli aset milik PT PWU. Oepoyo adalah Direktur Utama PT Sempulur Adi Mandiri (SAM). Sedangkan Santoso adalah mantan Direktur Utama PT SAM.

Sebelumnya, Kejaksaan Tinggi Jawa Timur. Telah memeriksa PT. PWU, gabungan dari beberapa badan usaha milik Pemerintah Provinsi Jawa Timur, sejak 2015. Kejaksaan mencurigai akan adanya penyalahgunaan uang hasil dari perpindahan aset PT PWU. Yang juga menyeret Mantan Ketua DPRD Surabaya periode 2009-2014, Wishnu Wardana.

Wishnu menjabat Manajer Aset PT PWU saat tukar guling. Sedangkan Direktur Utama PWU pada saat aset dilepas adalah Dahlan Iskan, mantan menteri kabinet era Presiden Susilo Bambang Yudhoyono. Yang juga sudah divonis bersalah oleh pengadilan Tindak Pidana Korupsi TIPIKOR Surabaya.21/4/17, Lalu, dengan vonis 2 tahun penahanan kota.

PT PWU melepas asetnya di Jalan Hasanuddin Nomor 1, Tulungagung, sekitar 24 ribu meter persegi dan 3,2 hektare lahan di Kediri. Lahan di Tulungagung itu bekas pabrik keramik yang sudah tidak berproduksi. Sedangkan lahan di Kediri adalah bekas pabrik minyak Nabatiasa.

Lahan bekas pabrik keramik di Tulungagung itu ditukar guling dengan lahan di Karang Pilang, Surabaya, seluas 16 hektare. Seluas 12 hektare di antaranya digunakan untuk PT Surabaya Industrial Estate Rungkut (SIER). [ Jun ]


Berita Terkait

Tags: ,
Categorised in: ,

No comment for Tersangka Kasus Korupsi Aset PT. PWU Kembalikan Uang Kerugian Negara Sebesar 2 Milyar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.