Menu Click to open Menus
Home » Hukrim » Terbongkar Mafia Leasing Monopoli Jaminan Fidusia

Terbongkar Mafia Leasing Monopoli Jaminan Fidusia

(1200 Views) Juni 21, 2017 3:38 pm | Published by | No comment

Terdakwa Afif Mutowwin berdiskusi dengan kuasa hukumnya setelah menerima putusan majelis hakim, Rabu,21/6/17/dok.Junaedi

_____________AWASNEWS.COM

SURABAYA | Petualangan Afif Mutowwin (36), berakir dengan ganjararan hukuman satu tahun penjara, setelah Majelis Hakim Pengadilan Negeri Surabaya yang diketuai Jihad Arkanudin menjatuhkan vonis padanya.

Afif dinyatakan bersalah karena melanggar pasal 35 Undang-Undang Nomor 42 Tahun 1999 Tentang Jaminan Fidusia jo pasal 55 ayat (1) ke 1 KUHP.

” Menjatuhkan Hukuman pada terdakwa Afif Mutowwin selama (1) Satu tahun, denda sebesar 10 juta rupiah subsider 3 bulan penjara ” tegas Jihad membacakan putusan. Rabu, 21/6/17.

Putusan Majelis Hakim sesuai dengan tuntutan Jaksa penuntut umum (JPU), Muhamamf nizar, yang sebelumnya juga menuntut terdakwa dengan tuntutan satu tahun hukuman penjara.

Terdakwa Afif adalah konsumen/Debitur dari perusahaan pembiayaan BFI Cabang Mojokerto akan sebuah unit mobil suzuki merk Ertiga keluaran tahun 2013. Atas nama (Ida Rachmawati, istri terdakwa).

Mobil bernomor polisi S 1027 RE tersebut sempat ditarik oleh kolektor eksternal dari BFI, sehingga dikuasai kembali oleh pihak BFI. Namun, setelah terdakwa berhasil melunasi kekurangan kredit mobil sebesar 100 juta. akirnya mobill tersebut dapat dikuasai kembali oleh Afiif.

Ironisnya, Uang sebesar 100 juta yang dipakai oleh afif untuk melakukan pelunasan adalah uang pinjaman dari Sigit Widjayanto. sehingga mau tak mau afif harus rela menyerahkan mobil ertiga tersebut pada sigit.

Perencanaan mufakat jahat terjadi saat terdakwa Afif Mutowwin, Saiful Sukarna (DPO) dan Sigit Widjayanto berkumpul di rumah saiful di perum krian sidoarjo, mereka bertiga sepakat menumbalkan PT. Andalan Finance untuk mengembalikan uang 100 juta tersebut.

Ketiga orang tersebut secara licik lakukan rekayasa kredit fiktif dengan memakai UD Wandana milik Hery Purwandana dalam memuluskan niat jahat mereka. Bahkan UD. Wandana menerima fee sebesar 500 ribu. Untuk berperan sebagai shorum penyedia mobil.

Terjadilah Kredit fiktif antara terdakwa Afif dengan PT.Andalan finance, menggunakan nama Saiful sebagai pemohon kredit. Dan UD. Wandana sebagai shorum penjual atau penyedia mobil. Kredit abal-abal tersebut juga tak luput akan peran dari Bona Arindid Amandha yang diketahui sebagai sales marketing internal PT.Andalan finance.

Bona menyarankan pada Sigit untuk memakai nama orang lain dalam lakukan pengajuan kredit tersebut agar bisa di ACC, lalu disepakati nama Saiful sebagai pemohon kredit. Setelah mobil di kuasai kembali oleh afif dan uang 95 juta sudah diterima oleh sigit dari pencairan dana pihak leasing pembiayaan yaitu PT. Andalan, Afif tercatat hanya 5 kali lakukan pembayaran dari total 36 kali kewajiban yang harus dibayarkan.

Akibat ulah terdakwa, PT. Andalan Finance merasa dirugikan dengan kerugian mencapai 84. Juta rupiah. Dan terdakwa mau tak mau harus merayakan Lebaran tahun ini didalam pengabnya sel penjara. (Junaedi)


Categorised in:

No comment for Terbongkar Mafia Leasing Monopoli Jaminan Fidusia

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.