Menu Click to open Menus
Home » Hukrim » Benarkah berkas perkara Henry J Gunawan sudah P21, Berikut Penjelasannya

Benarkah berkas perkara Henry J Gunawan sudah P21, Berikut Penjelasannya

(398 Views) Juli 11, 2017 1:17 pm | Published by | No comment

Berkas Perkara Henry J Gunawan P21?


______________AWASNEWS.COM

SURABAYA | – Berkas perkara kasus dugaan penipuan dan penggelapan dengan tersangka Henry J Gunawan sebelumnya tengah diteliti Kejaksaan Negeri (Kejari) Surabaya. Namun dikabarkan saat ini berkas perkara bos PT Gala Bumi Perkasa (GBP) ini telah dinyatakan sempurna alias P21. Benarkah?

Sumber internal Kejari Surabaya menyebutkan, penyidik Polrestabes Surabaya telah memenuhi petunjuk jaksa peneliti dari Kejari Surabaya. Dengan kepastian tersebut, berkas perkara atas nama tersangka Henry J Gunawan telah siap dinyatakan sempurna (P21).

“Berkas perkara atas nama tersangka Henry J Gunawan sudah selesai diteliti, tinggal menunggu tanda tangan pimpinan untuk dinyatakan sempurna,” ujar sumber internal Kejari Surabaya yang meminta agar namanya tidak dipublikasikan, Selasa (11/7/2017).

Sumber tersebut juga mengungkapkan, setelah berkas perkara dinyatakan sempurna, maka Kejari Surabaya tinggal menunggu pelimpahan tahap dua dari penyidik Polrestabes Surabaya. “Setelah dinyatakan P21 oleh pimpinan, selanjutnya tinggal pelimpahan tahap dua penyerahan tersangka dan barang bukti,” bebernya.

Dengan kepastian ini, maka tak lama lagi Henry J Gunawan bakal segera didudukkan di kursi pesakitan Pengadilan Negeri (PN) Surabaya. Penguasaha properti yang juga akrab disapa Cen Liang ini diadili untuk mempertanggungjawabkan perbuataannya atas kasus penipuan dan penggelapan yang dilakukannya.

Sementara itu saat dikonfirmasi atas kabar tersebut, Didik Adytomo, Kepala Seksi Pidana Umum (Kasipidum) Kejari Surabaya enggan menjawabnya. Upaya konfirmasi via ponselnya tak mendapat respon dari jaksa yang tahun lalu menjabat sebagai Kasintel Kejari Surabaya ini.

Perlu diketahui, Henry J Gunawan resmi menyandang status tersangka kasus penipuan dan penggelapan setelah Kejari Surabaya menerima Surat Pemberitahuan Dimulainya Penyidikan (SPDP) dari penyidik Polrestabes Surabaya. Di dalam SPDP tersebut tertulis nama Henry sebagai tersangka kasus penipaun dan penggelapan atas laporan seorang notaris bernama Caroline.

Kasus yang menjerat Henry ini berawal saat notaris Caroline mempunyai seorang klien yang sedang melakukan jual beli tanah dengan Henry sebesar Rp 4,5 miliar. Setelah membayar ke Henry, korban yang seharusnya menerima Surat Hak Guna Bangunan (SHGB) ternyata tidak terwujud.

Saat korban ingin mengambil haknya, Henry justru mengaku bahwa SHGB tersebut di tangan notaris Caroline. Namun setelah dicek, Caroline mengaku bahwa SHGB tersebut telah diambil oleh seseorang yang mengaku sebagai anak buah Henry. Kabarnya, SHGB itu ternyata dijual lagi ke orang lain oleh Henry dengan harga Rp 10 miliar.

Atas perbuatannya, notaris Caroline akhirnya melaporkan Henry ke Polrestabes Surabaya. Setelah melakukan sejumlah penyelidikan, penyidik kemudian penyidik akhirnya menetapkan Henry sebagai tersangka dalam kasus tersebut. (Jun)


Berita Terkait

No comment for Benarkah berkas perkara Henry J Gunawan sudah P21, Berikut Penjelasannya

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.