Menu Click to open Menus
Home » Hukrim » Hakim Heriyanto vonis ringan sindikat pencuri susu

Hakim Heriyanto vonis ringan sindikat pencuri susu

(390 Views) Agustus 8, 2017 5:00 pm | Published by | No comment

SURABAYA– Empat terdakwa komplotan sindikat pencuri susu kemasan diganjar hukuman masing-masing 5 bulan penjara. Sementara satu terdakwa yang bertugas sebagai sopir dijatuhi vonis 6 bulan penjara.

Empat orang terdakwa komplotan pencuri susu yang dijatuhi hukuman masing-masing 5 bulan penjara diantaranya adalah Suparti, Indrawati, Sumilah, dan Suwito.

“Menjatuhkan hukuman kepada masing-masing terdakwa selama 5 bulan penjara,” ujar Hariyanto, ketua majelis hakim saat membacakan amar putusannya di Pengadilan Negeri Surabaya, Selasa (8/8/2017).

Hakim Hariyanto menyatakan, keempat terdakwa telah terbukti secara sah dan menyakinkan bersalah melanggar pasal 363 KUHP. Mendengar putusan itu, keempat terdakwa langsung sumringah. Alhamdullilah,” kata salah satu terdakwa sembari mengusap wajahnya.

Bahkan tanpa banyak bicara keempat terdakwa langsung menyatakan menerima vonis 5 bulan yang dijatuhkan hakim Hariyanto. Sebelumnya, keempat terdakwa dituntut 6 bulan penjara oleh jaksa penuntut umum Damang Anubowo.

Sementara itu, satu terdakwa yang bertugas sebagai sopir mobil para komplotan pencuri susu yaitu M Darwin justru diganjar hukuman yang lebih berat. Usai jaksa Damang menuntutnya selama 8 bulan, Darwin akhirnya divonis 6 bulan penjara oleh hakim Hariyanto.

Perlu diketahui, kelima terdakwa mempunyai rencana melakukan pencurian di beberapa toko dengan menggunakan mobil sewaan. Setelah sampai di Supermarket yang ditarget, Indrawati, Sumilah, dan Suparti masuk toko, sedangkan tersangka Darwin menunggu di mobil.

Modus pencuriannya, mereka berpura-pura membeli tissu serta pasta gigi. Saat membeli barang itulah, Indrawati sembunyi-sembunyi mengambil barang yang selanjutnya diberikan kepada Suparti. Selanjutnya barang dibawa keluar dan dimasukkan mobil yang sudah ditunggui Darwin.

Namun aksi kelima terdakwa berakhir usai ditangkap polisi. Dari hasil pemeriksaan, sedikitnya sudah ada empat toko yang mengalami kerugian hingga puluhan juta rupiah.
(Junaedi)


Berita Terkait

Tags:
Categorised in:

No comment for Hakim Heriyanto vonis ringan sindikat pencuri susu

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.