Menu Click to open Menus
Home » Nasional » Wakil Pansus Hak Angket KPK Blusukan Kerumah penyimpanan benda sitaan Negara

Wakil Pansus Hak Angket KPK Blusukan Kerumah penyimpanan benda sitaan Negara

(460 Views) Agustus 22, 2017 6:48 pm | Published by | No comment

AWASNEWS.COM
Uaya hak angket DPR-RI pada KPK makin terlihat bernafsu, hal itu diketahui saat wakil Panitia Kusus (Pansus) hak angket Masinton Pasribu blusukan Kerumah Penyimpanan Benda Sitaan Negara beberapa waktu lalu.

” Kita sudah cek ke Rumah Penyimpanan Benda Sitaan Negara, beberapa barang sitaan tidak tercatat di sana,” kata Masinton pada wartawan, Selasa (22/8).

Masinton lalu mengaitkannya dengan perkara mantan hakim Pengadilan Negeri Jakarta Pusat Syarifuddin Umar, terpidana atas kasus suap yang terjaring OTT oleh KPK tahun 2012 silam.

” lihat Hakim Syarifuddin. Bayangkan, seorang hakim penegak keadilan, sekarang mencari keadilan,” kata Masinton.

Kasus ini bermula saat KPK menangkap hakim Pengadilan Negeri Jakarta Pusat tersebut pada 2012, Syarifuddin yang kala itu menjabat sebagai hakim pengawas dalam perkara pailit PT Skycamping Indonesia (PT SCI) yang menerima sejumlah uang dari kurator. Atas penangkapan ini, KPK lalu menahan sejumlah alat bukti yang akan digunakan di pengadilan.

Dari tangan Syarifuddin, KPK menyita uang tunai Rp 392 juta dan US$ 116.128, kemudian 245 ribu dolar Singapura, 20.000 yen, serta 12.600 riel Kamboja.

Selain Syarifuddin KPK juga mencokok kurator PT Skycamping Indonesia (SCI) Puguh Wirawan. Puguh diduga menyuap Syarifuddin agar dapat izin menjual aset PT SCI berupa sebidang tanah di Bekasi, Jawa Barat, yang diperkirakan bernilai Rp 16 miliar dan Rp 19 miliar.

Syarifuddin terbukti melanggar pada dakwaan keempat yakni Pasal 5 ayat 1 huruf b Undang-undang Nomor 20 Tahun 2001. Dengan menerima suap berupa uang senilai Rp 250 juta dari kurator PT Skycamping Indonesia Puguh Wirawan

Atas perbuatannya Syarifuddin lalu dihukum 4 tahun penjara ditingkat pertama, Hukuman itu lalu dikuatkan oleh putusan MA.

Namun, putusan kasasi dalam gugatan Perdata yang ia layangkan pada KPK, terkait alat bukti yang ikut disita MA mengabulkan gugatannya dan memerintahkan kepada KPK untuk mengembalikan barang bukti sitaan lain milik Syarifuddin yang tidak berhubungan dengan perkara.

Sebelumnya Pada 28 April 2017 lalu, saat Rapat Paripurna ke-95 Masinton nyatakan, telah banyak terjadi politik kemunafikan yang harus dihentikan di DPR-RI.

Menurutnya banyak hal di KPK yang harus diperbaiki, Ia menyesalkan akan banyaknya pihak yang menolak Hak Angket padahal anggota DPR-RI di Komisi 3 telah menyetujui adanya Hak Angket.

” dengan pengajuan Hak Angket KPK, tidak berarti DPR-RI mendukung koruptor. Katanya.

Editor : Junaedi


Berita Terkait

Tags: , ,
Categorised in:

No comment for Wakil Pansus Hak Angket KPK Blusukan Kerumah penyimpanan benda sitaan Negara

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.