Menu Click to open Menus
Home » Nasional » “Bungkam” Hidayat Nur Wahid Kritisi Presiden Jokowi

“Bungkam” Hidayat Nur Wahid Kritisi Presiden Jokowi

(13654 Views) September 3, 2017 6:11 am | Published by | 5 Comments

AWASNEWS.COM– Sikap bungkam Pemerintah Indonesia atas krisis kemanusiaan Rohingya membuat Hidayat Nur Wahid angkat bicara, Hidayat bahkan menyesalkan sikap Presiden Joko Widido yang terkesan tebang pilih dalam mengkritisi tragedi yang merenggut ratusan nyawa etnis muslim di Myanmar itu.

Menurut Hidayat persoalan ini sudah masuk ranah level pimpinan negara bukan lagi antar duta besar, Karena itu, Ia mempertanyakan, mengapa sikap Jokowi terhadap Rohingya jauh berbeda ketika merespon teror bom di Paris maupun London.

Padahal, yang terjadi pada etnis muslim di Myanmar itu sudah dikategorikan pelanggaran atau kejahatan HAM berat dan terorisme.

” Rohingya lebih mengerikan dari di Paris dan London tapi sampai sejauh ini kita belum dengarkan satu ungkapan apapun dari Pak Presiden,” ujarnya Minggu (3/8).

Sekitar 27 ribu pengungsi telah melintasi perbatasan Bangladesh sejak Jumat, sementara 20 ribu lainnya terjebak di daerah tak bertuan yang memisahkan kedua negara tersebut.

Para pengungsi mengatakan tentara Myanmar menyerang mereka, sementara pemerintah menyalahkan “teroris Rohingya” yang memicu kekerasan.

Pemerintah juga menyatakan setidaknya 400 orang tewas dalam bentrokan sejak saat itu. Di antaranya, kata pemerintah, adalah 370 “teroris.” Namun, sejumlah pegiat hak asasi manusia menyebut militer juga membunuhi perempuan, anak-anak dan orang tak bersalah.

Di Indonesia, kecaman terhadap Suu Kyi dan pemerintah Myanmar juga datang dari Majelis Ulama Indonesia, PP Muhammadiyah, dan sejumlah organisasi lainnya. (Tim)*


Berita Terkait

5 Komentar for “Bungkam” Hidayat Nur Wahid Kritisi Presiden Jokowi

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.