Menu Click to open Menus
Home » Hukrim » Dakwaan JPU Sembrono, Alfian Tanjung Dibebaskan

Dakwaan JPU Sembrono, Alfian Tanjung Dibebaskan

(905 Views) September 6, 2017 2:44 pm | Published by | No comment

AWASNEWS.COM
SURABAYA | Tokoh Ulama’ Ustadz Alfian Tanjung yang dituduh lakukan Ujaran Kebencian dibebaskan Majelis Hakim Pengadilan Negeri PN Surabaya, Rabu, (6/8/17).

Alfian Tanjung diputus bebas karena surat dakwaan dari jaksa penuntut umum (JPU) oleh Majelis Hakim yang diketuai Dedik Farduman dianggap tidak cermat.

“Mengabulkan eksepsi terdakwa,” kata Ketua Majelis Hakim Dedik Fardiman di ruang sidang Cakra, Pengadilan Negeri Surabaya, Rabu (6/9/2017).

Setelah mempelajari dan mencermati surat dakwaan JPU dan keberatan (eksepsi) dari penasihat hukum terdakwa dan terdakwa sendiri, serta tanggapan JPU atas keberatan eksepsi dari penasehat hukum terdakwa dan terdakwa, majelis hakim berpendapat bahwa uraian dalam surat dakwaan JPU tidak cermat, tidak jelas, tidak lengkap sebagaimana dimaksud dalam pasal 143 ayat (2) huruf b KUHP.

Mengingat pasal 143 ayat (2), (3), dan pasal 156 ayat (1), (2) Undang-Undang Nomor 8 Tahun 1981 tentang KUHAP, maka majelis hakim mengadili, mengabulkan atau menerima keberatan (eksepsi) dari penasehat hukum terdakwa.

“Menyatakan surat dakwaan jaksa penuntut umum batal demi hukum,” Tegas Dedik.

Majelis hakim juga menyatakan, pemeriksaan perkara register nomor 2320/Pid.Sus/2017/PN.Sby terdakwa Alfian Tanjung, tidak dapat dilanjutkan.

“Memerintahkan terdakwa untuk dikeluarkan dari tahanan. Membebankan biaya perkara kepada negara,” Tukasnya.

Sebelumnya, Alfian Tanjung oleh penyidik Mabes Polri dipersangkakan Pasal 156 KUHP atau Pasal 16 jo Pasal 4 b angka 2 UU RI No 40 Tahun 2008 tentang Penghapusan Ras dan Etnis.

Alfian sempat dijadikan tersangka terkait dengan ceramahnya tentang PKI dan PKC di Masjid Mujahidin, Surabaya. Dalam ceramah itu Alfian juga mencatut nama beberapa kader dari Partai Demokrasi Indonesia Perjuanagan PDIP.

Alfian sempat disomasi Kepala Staf Kepresidenan Teten Masduki ke polisi terkait ceramahnya yang menyinggung soal Partai Komunis Indonesia. Teten meminta Alfian Tanjung menarik ucapannya dan meminta maaf. Karena tak ada respons, Teten melapor ke Bareskrim pada Jumat (27/1) lalu.

Dalam ceramah yang tersebar di situs YouTube, Alfian Tanjung menyebut beberapa nama. Dia menyebut rapat-rapat di Istana saat ini dipimpin sederet kader-kader PKI.
@Junaedi


Berita Terkait

Tags: ,
Categorised in:

No comment for Dakwaan JPU Sembrono, Alfian Tanjung Dibebaskan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.