Menu Click to open Menus
Home » Hukrim » Jaksa Bandel 2,5 Bulan Tak Hadirkan Terdakwa Dalam Persidangan

Jaksa Bandel 2,5 Bulan Tak Hadirkan Terdakwa Dalam Persidangan

(316 Views) Oktober 26, 2017 9:49 am | Published by | 1 Comment

Jaksa Hasanuddin Tandilolo (Kejari Perak)


#2,5 bulan dua terdakwa narkoba tak pernah disidangkan

SURABAYA – (AWAS), Ketua mejelis hakim Sigit Sutriono heran dengan jaksa penuntut umum Hasanuddin Tandilolo dari Kejaksaan Negeri (Kejari) Tanjung Perak. Pasalnya selama 2,5 bulan, tanpa alasan yang jelas jaksa Hasanuddin tak kunjung menghadirkan dua terdakwa kasus narkotika di persidangan.

Keluhan hakim Sigit berawal saat jaksa Hasanuddin tidak hadir di persidangan dan hanya diwakili jaksa Parlin Manullang saat menyidangkan dua terdakwa kasus narkotika yaitu Reksa Dian Purnayuda dan Saiful Aris. “Sudah 2,5 bulan jaksa Hasanuddin tidak pernah menghadirkan para terdakwa. Jaksa pun juga tidak pernah hadir. Sekarang sidang malah diwakilkan ke jaksa yang lain,” keluh hakim Sigit di Pengadilan Negeri Surabaya, Kamis (26/10/2017).

Hakim Sigit khawatir akibat ulah bandel jaksa Hasanuddin, nanti masa tahanan kedua terdakwa habis. “Nanti kalau bebas demi hukum bagaimana? Jujur saja, saat kemarin KPT (Ketua Pengadilan Tinggi) Surabaya melakukan kunjungan kesini, kami langsung ditegur karena masalah ini. Kami disuruh kembalikan berkas perkara ke kejaksaan,” bebernya.

Saat ditanya apa alasan jaksa Hasanuddin yang enggan menghadirkan kedua terdakwa di persidangan, hakim Sigit mengaku tidak mengetahui. “Kami juga tidak tahu alasannya apa,” katanya.

Jika jaksa Hadanuddin tetap bandel, hakim Sigit akan melaporkan hal ini ke Ketua PN Surabaya. “Jika tetap seperti ini kami akan lapor ketua PN Surabaya. Nanti ketua PN melaporkan hal ini ke Pengadilan Tinggi Surabaya, kemudian Ketua PT Surabaya yang menegur Kepala Kejaksaan Tinggi (Kejati) Jatim,” terangnya.

Dalam kasus ini, kedua terdakwa ditangkap anggota Reskrim Polsek Bubutan, Surabaya usai membeli narkoba jenis sabu di Jalan Gembong pada Maret 2017. Saat ditangkap, polisi berhasil menyita barang bukti sabu seberat 0,44 gram dari tangan kedua terdakwa.

Kepada polisi, kedua terdakwa mengaku bahwa sabu tersebut bakal dipakai berdua di rumah Griya Surya Asri Sidoarjo. Kedua pemuda ini dijerat dengan Pasal Psl 112 ayat 1 jo 132 ayat 1 UU RI Nomor 35 tahun 2009 tentang narkotika.@Junaedi


Berita Terkait

Tags: ,
Categorised in:

1 Komentar for Jaksa Bandel 2,5 Bulan Tak Hadirkan Terdakwa Dalam Persidangan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.