Menu Click to open Menus
Home » Hukrim » Kejari Surabaya Fokus Pada Peristiwa Hukum Dalam Kasus Henry J Gunawan

Kejari Surabaya Fokus Pada Peristiwa Hukum Dalam Kasus Henry J Gunawan

(460 Views) Oktober 27, 2017 5:49 pm | Published by | 3 Comments

Jaksa Ali Prakoso (Kejari Surabaya) dok. Junaedi, awas


SURABAYA-(AWAS), Jaksa Penuntut Umum (JPU) Ali prakosa menyatakan terkait Kasus yang Menjerat Henry J Gunawan alias Cen Liang tidaklah penting adanya pembuktian formal berupa akte jual beli seperti halnya hukum Perdata.

” perbuatan Pidana itu tidak perlu ada bukti berupa akte tertulis, peristiwa hukumnya kan jelas Henry juga sudah membenarkan keterangan Notaris Caroline” Ujarnya saat dikonfirmasi, Jum’at, (27/10/17).

Dalam sidang sebelumnya Henry menyangkal telah memperjual belikan Obyek tanah dan bangunan SHGB Nomer 66 milik Hermanto yang ia beli dari PT. Gala Bumi Perkasa (GBP).

Henry berdalih bahwa yang paling bertanggung jawab dalam transaksi jual beli SHGB itu adalah Teguh Kinarto dan Heng Hoek Sui yang ia sebut sudah Terafiliasi.

Keterangan Henry tersebut berseberangan dengan apa yang diungkap Notaris Caroline, Ia mengaku melaporkan Henry J Gunawan ke Polisi Lantaran pernah mendapat Somasi dari Sudiman Sidabuke selaku kuasa hukum dari Hermanto.

BACA : Bos PT. Podo Joyo Sebut Henry Cuma modal Dengkul

Hermanto adalah pembeli obyek SHGB No 66 dari PT. GBP, walaupun telah terbayar lunas namun SHGB itu masih belum dibalik nama.

Karena belum dibalik nama, maka obyek SHGB No 66 itu dimanfaatkan oleh PT. GBP untuk diperjualbelikan kembali, dengan modus di pinjam sementara untuk pengurusan perpanjangan pajak.

Dalam somasi yang dilayangkan oleh Sudiman tersebut, Caroline menyebutkan diberi waktu selama 10 Hari untuk segera menyerahkan SHGB milik Hermanto yang ia pegang, apa bila dalam durasi waktu 10 Hari ia tidak menyerahkan SHGB tersebut, ia mengaku akan dilaporkan pada kepolisian oleh Sidabuke.

” Saya diberi waktu 10 hari oleh pak Sudiman untuk menyerahkan SHGB itu, kalau tidak saya akan dilaporkan pada Polisi ” Ujar Caroline.

Padahal menurut Caroline, Waktu itu SHGB yang dimaksud oleh Sudiman tersebut berada ditangan Yuli yang diketahui adalah karyawan atau Legal dari PT GBP.

Diceritakan oleh Notaris Caroline, bahwa akir Juni 2011 ia dihubungi oleh Yuli dan meminta SHGB milik Hermanto yang ia pegang dipinjam dengan alasan untuk mengurus perpanjangan SHGB.

Setelah kurang lebih 5 sampai 6 bulan ia kembali menanyakan pengurusan perpanjangan SHGB yang dilakukan Yuli, namun saat ditanya, Yuli Selalu beralasan bahwa Pengurusan perpanjangan SHGB masih belum selesai.

” Menurut pengalaman saya, pengurusan perpanjangan itu kurang lebih waktunya 6 bulan, makanya saya tanyakan pada Yuli, tapi jawaban Yuli Selalau mengatakan masih diurus. ”
Berkali-kalau saya tanyakan jawabnya Selalu mengatakan masih diurus, ” katanya

Atas jawaban dari Yuli tersebut, Caroline Akirnya menanyakan langsung pada Henry J Gunawan, ternyata SHGB telah di pindah tangankan pada orang lain atau dijual. Bahkan menurut Caroline Henry saat itu berjanji akan Menganti obyek SHGB No 66 dengan obyek Lain.

” Saya tanyakan langsung pada Pak Henry, ternyata SHGB itu sudah dijual, bahkan saya sempat bertanya pada pak Henry, Kenapa dijual pak, terus bagaimana nasib saya ” ujar Caroline.

Dari keterangan Notaris Caroline tersebut Henry membenarkan. Yang dibantah oleh terdakwa hanyalah penyebutan dirinya sebagai salah satu direksi PT. GBP.

” Saya bukan direksi dari PT GBP yang Mulia” ujar Henry pada majelis Hakim.

Dari informasi yang didapatkan, SHGB Nomer 66 Milik Hermanto telah dialihkan atau dijual belikan pada orang lain seharga Rp. 10 Miliar.

Caroline lalu melaporkan Henry Pada Polrestabes Surabaya, karena dianggap orang yang paling bertanggung jawab atas jual beli tanah ilegal itu.

Setelah dilakukan penyelidikan dan mengumpulkan alat bukti penyidik Akirnya menetapkan Henry Sebagai tersangka.
Kasus Henry lalu menggelinding ke meja Hijau, JPU menjerat terdakwa Henry J Gunawan menggunakan Pasal 372 jo 378 tentang dugaan tindak pidana penipuan dan penggelapan.@Junaedi


Berita Terkait

3 Komentar for Kejari Surabaya Fokus Pada Peristiwa Hukum Dalam Kasus Henry J Gunawan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.