Menu Click to open Menus
Home » Nasional » ICW Cium Potensi Kerugian Negara Pada Ekspor Batu Bara

ICW Cium Potensi Kerugian Negara Pada Ekspor Batu Bara

(287 Views) November 9, 2017 7:14 pm | Published by | 1 Comment

SURABAYA (AWAS) – Tidak optimalnya penerimaan negara, baik dari penerimaan bukan pajak (PNBP) maupun penerimaan dari pajak, masih menjadi persoalan utama Pemerintah Indonesia saat ini.

Paska dilaksanakannya Tax Amnesty akhir tahun 2016 belumlah memberi titik terang dalam realisasi penerimaan pajak tahun 2017.

Di sisi lain kebutuhan dana untuk pembangunan semakin besar dan nampaknya masih akan sangat tergantung dari pinjaman dan hutang luar negeri.
Beberapa hari yang lalu publik kembali dikagetkan dengan bocoran dokumen paradise papers yang menyebut ada elit politik dan pebisnis Indonesia yang diduga menyembunyikan hartanya di negara suaka pajak.

Hal Ini merupakan penegasan dari bocoran yang sudah ada sebelumnya, baik pada panama papers maupuan offshore leaks. Dan salah satu sektor yang menjadi ajang penjarahan dan pelarian kekayaan ke negara adalah pengelolaan sumber daya alam.
Terkait dengan hal tersebut, Indonesia Corruption Watch (ICW) berencana melakukan kajian terhadap pengelolaan bisnis batubara Indonesia dan dampaknya bagi penerimaan negara.

” Ternyata selama tahun 2006 – 2016 diindikasikan transaksi ekspor batubara yang tidak dilaporkan secara benar mencapai US$ 27,062 miliar atau setara dengan Rp 365,3 triliun (kurs Rp 13.500). Kondisi ini berakibat pada dugaan kerugian negara sebesar Rp 133,6 triliun. ” tulis rilis resmi ICW yang diterima redaksi,(09/11/17).

Menurut ICW, Pengemplangan ini terjadi diantaranya karena praktek manipulasi dan pelibatan perusahaan cangkang di negara suaka pajak.@junaedi


Berita Terkait

Tags: ,
Categorised in:

1 Komentar for ICW Cium Potensi Kerugian Negara Pada Ekspor Batu Bara

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.