Menu Click to open Menus
Home » Daerah » TANGGAMUS TARGETKAN LEBIH DARI 200.000 TON GABAH KERING PANEN.

TANGGAMUS TARGETKAN LEBIH DARI 200.000 TON GABAH KERING PANEN.

(265 Views) November 21, 2017 2:22 pm | Published by | No comment

Tanggamus Lampung, (AWAS)- Kepala Dinas Ketahanan Pangan dan Holtikultura Kabupaten Tanggamus Karijono, yang juga menjabat PLT Asiaten II. Targetkan lebih dari 200 ribu ton gabah kering pada panen mendatang, hal itu ia sampaikan pada sambutan di acara Penyerahan SK Koordinator Penyuluh Pertanian Se Kabupaten Tanggamus yang di selenggarakan Selasa Pagi (21/11) di halaman Balai Penyuluhan Pertanian Kecamatan Pugung.

Dengan munculnya surat edaran Mendagri dan Kemenpan serta surat edaran dari BPUSDM, Dimana keberadaan Penyuluh berada di bawah naungan Dinas Pertanian Tanaman  pangan dan Holtikultura jadi kedepan bagian Organisasi kita akan mengadakan penataan dan pembenahan  dan tentunya tidak akan ada lagi Dinas Ketahan Pangan Dan Holtikultura dan akan beralih lagi menjadi Dinas Pertanian Tanaman Pangan Dan Holtikultura, karna Peoponsial.

Mumpung hanya Tanggamus dimana Penyuluh berada di Dinas Ketahanan Pangan dan Holtikultura.  Dan terbukti beberapa bulan yang lalu per 1 Juli 2017 kita terbitkan  Peraturan Bupati terkait Balai Penyuluh Pertanian ( BPP) dan sampai detik ini hanya Kabupaten Tanggamus saja yang BPP peraturan Bupati. Bahkan kabupaten lain ingin mencontoh tentang Peraturan Bupati terkait malah BPP,

Beliau berharap kepada Para seluruh Penyuluh yang di lapangan maupun yang di Pemkab Beliau mengatakan kita adalah ujung tombak terkait dengan ketersedian  pangan Tanggamus adalah Surplus, Surplus beras  hingga 90.000 Ton menurut data yang ada di Dinas Pertanian dan kedepan kita targetkan 1.000.000 Ton gabah Se Provinsi Lampung dan Kita Kabupaten Tanggamus menargetkan  lebih dari 200.000 Ton gabah kering panen dan peluang itu sangat mungkin untuk kita capai selagi kita terus exsis dengan poksi kita dalam hal ketahanan pangan di Kabupaten Tanggamus.

Sementara itu dalam arahannya Wakil Bupati Tanggamus Hi.Samsul Hadi,M.Pd.i  menyampaikan  bahwasanya Kabupaten Tanggamus memiliki topo grafi dan iklim paling bagus se propinsi Lampung dan nyaris tidak ada istilah musim kemarau. Dan semua itu adalah potensi yang luar biasa.

90.000 Ton kita surplus beras dan kita tidak pernah bermasalah dengan ketersediaan gabah , Dengan harga yang cendrung setabil sehingga inflasi kita rendah, dan itu semua  adalah karya dari  Para penyuluh Pertanian khususnya  tanaman padi.

Sampai saat ini sektor Pertanian merupakan kekuatan ekonomi dan andalan  masarakat pedesaan.

Dalam rangka meningkatkan  produksi Pertanian tentu masih banyak yang harus di benahi, salah satunya adalah Sumber Daya Manusia Pertanian. Dan masalah yang di hadapi Petani di Pedesaan adalah rendahnya pengetahuan dan kreatifitas dari pada Petani.

Sumber Daya Manusia adalah ujung tombak dalam menentukan Pembangunan begitu juga  Pembangunan di sektor Pertanian perlu peningkatan Sumber Daya Manusia dan butuh banyak elemen yang ikut serta salah satunya adalah Penyuluh pertanian. Dengan meningkatnya Sumber Daya Manusia yang meningkat khususnya Para Petani, Produksi pertanian pun akan meningkat dan sektor pendapatan masyarakat juga meningkat.

Selain tugas pokoknya melaksanakan Penyuluhan pertanian, Penyuluh pertanian juga sebagai inisiator yang senantiasa memberikan  gagasan dan ide ide baru, Penyuluh juga sebagai Fasilisator yang senantiasa memberikan jalan keluar/kemudahan kemudahan , baik dalam menyuluh maupun fasilitas dalam memajukan usaha taninya, dan motifator dimana penyuluh  membuat petani tahu, mau dan mampu mengelola usaha tani dengan baik.

Kemudian melaui penyerahan SK tersebut Beliau berharap agar para penyuluh pertanian lebih meningkatkan  kinerjanya dan senantiasa berpenampilan rapih.

Dalam rangka mewujudkan keberhasilan pembangunan pertanian termasuk turut berperan serta dalam mewujudkan ketahanan pangan  di Kabupaten Tanggamus.

Di sela sela acara tersebut  di dampingi Asisten I dan Asisten II secara simbolis Beliau menyerahkan SK kepada Para Penyuluh.

Turut hadir Tim TP4K Lampung, Ketua KTNA Kabupaten Tanggamus, DPD PERHIPTANI Kabupaten Tanggamus Lampung.(Azhimi)


Berita Terkait

Tags: , ,
Categorised in:

No comment for TANGGAMUS TARGETKAN LEBIH DARI 200.000 TON GABAH KERING PANEN.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.