Menu Click to open Menus
Home » Politik » Sikap PPP Masih Abu-abu Untuk Dukung Khofifah Di Pilgub Jatim 2018

Sikap PPP Masih Abu-abu Untuk Dukung Khofifah Di Pilgub Jatim 2018

(462 Views) Desember 3, 2017 8:30 pm | Published by | No comment
Spread the love

SURABAYA (ANC) – Partai persatuan pembangunan (PPP) mengambil sikap berbeda dengan mendukung Khofifah Indar Parawansa ketimbang Gus Ipul yang didukung oleh sebagian kiai sepuh NU.

Meski belum secara gamblang mengungkap, aroma dukungan partai Ka’bah untuk Khofifah tercium di Rapat Pimpinan Wilayah (Rapimwil) IV DPW PPP Jawa Timur dan Halaqoh Ulama bertema: Memperkuat Politik Islam dalam Bernegara.

Rapimwil yang digelar di Hotel Aria Centra Surabaya, Minggu (3/12) petang ini, dihadiri Ketua Umum DPP PPP, Romahurmuziy, KH Anwar Iskandar (ketua Majelis Pertimbangan DPW PPP Jatim), Musyaffa’ Noer (ketua DPW PPP Jatim), Khofifah (bakal calon gubernur Jatim), serta pengurus DPC-DPC PPP se-Jawa Timur.

Sinyal partai pemilik lima kursi di DPRD Jawa Timur akan segera bergabung dengan Partai Demokrat, Golkar, dan Hanura ini diungkap Romi –sapaan akrab Romahurmuziy— sendiri. Demokrat, Golkar, dan Hanura, masing-masing telah menyerahkan surat rekomendasinya untuk pasangan Khofifah-Emil Elestianto Dardak.

“Rapimwil ini kan mekanisme di dalam juklak partai, bahwa proses penjaringan kepala daerah itu, untuk Pilgub itu harus melalui Rapimwil. Untuk Pilbub dan Pilwali dengan Rapimcab,” kata Romi usai membuka acara.

Jadi, lanjutnya, Rapimwil merupakan prosedur yang dilakukan PPP untuk mendengar paparan semua bakal calon kepala daerah.

“Setelah ini, maka peserta Rapim akan menyampaikan pandangan umumnya kepada wilayah dan hasilnya dilaporkan ke DPP untuk diputuskan.”

Romi juga menegaskan, dirinya sudah berkali-kali menyampaikan bahwa selama ini, DPP PPP terus berkomunikasi secara intensif dengan Khofifah terkait Pilgub Jawa Timur. Meski di DPW PPP Jawa Timur tetap membuka penjaringan calon beberapa waktu lalu, salah satunya diikuti oleh Gus Ipul yang oleh PDIP dipasangkan dengan Bupati Banyuwangi, Abdullah Azwar Anas.

Lantas PPP akan mendukung siapa? Ke Gus Ipul atau Khofifah? Romi mengatakan, kalau rekomendasi akan segera ditandatangani pada minggu kedua di bulan Desember pasca-Rapimwil IV DPW PPP Jawa Timur.

“Nanti kita lihat hasil Rapim. Tetapi sejauh ini rekan-rekan (wartawan) sudah bisa melihat semangat dari cabang-cabang ketika Bu Khofifah hadir kan?” kata Romi menunjuk suara-suara kadernya yang mengelu-elukan nama Khofifah saat Rapimwil berlangsung.

“Disimpulkan saja sendiri,” tegas Romi sembari mengatakan kalau rekomendasi akan ditandatangani pada pertengahan Desember ini.

Komitmen Khofifah mengentas kemiskinan
Terkait kedatangan Khofifah di Rapimwil IV DPW PPP Jawa Timur ini, sekali lagi Romi menegaskan, bahwa itu bagian dari mekanisme partainya sebelum menentukan keputusan soal Pilgub Jawa Timur.

Khofifah sendiri, di acara ini diminta oleh PPP untuk memaparkan visi-misinya maju Pilgub Jawa Timur.

“Gus Ipul juga kita undang, tapi masih di Ngawi,” kata Romi.

Sementara KH Anwar Iskandar yang merupakan satu dari 21 kiai sepuh yang meminta PKB mendukung Gus Ipul, dalam pidatonya tidak sekalipun menyinggung masalah Pilgub Jawa Timur. Pengasuh Ponpes Al Amin, Ngasinan, Kediri ini lebih banyak membahas masalah politik dalam dunia Islam.
Kenapa politik Islam harus dibahas? Kata Kiai Anwar, “Karena sering kita mendengar, orang mengatakan bahwa, jangan dicampur adukan antara politik dengan agama, atau upaya untuk memisahkan agama dengan politik.”

Kaum sekularisme, lanjutnya, kaum liberalisme, selalu membicara itu semua. “Dan itu realitas di tengah-tengah kehidupan berbangsa, bernegara.

Kita sebagai partai yang berdasarkan Islam mesti kembali pada prisip Islam tentang politik itu bagaimana,” tegas Kiai Anwar.@ts/aim


Berita Terkait

Tags: , ,
Categorised in:

No comment for Sikap PPP Masih Abu-abu Untuk Dukung Khofifah Di Pilgub Jatim 2018

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.