Menu Click to open Menus
Home » Daerah » Digawangi Kapolres Baru, Polres Goa Ungkap Sindikat Curanmor

Digawangi Kapolres Baru, Polres Goa Ungkap Sindikat Curanmor

(314 Views) Desember 9, 2017 5:11 pm | Published by | No comment


GOA (ANC) – Satuan Reskrim Polres Gowa ungkap sindikat pencurian kendaraan bermotor (curanmor).

Dari enam pelaku yang ditangkap, salah satunya mengaku berprofesi sebagai wartawan dari tabloid bulanan.

“Sindikat yang kita tangkap ini ada sebagai pemetik (pelaku pencurian) dan penadah. Ada salah satu pelaku berinisial MADM (36) yang mengaku sebagai wartawan dari tabloid bulanan,” kata Kapolres Gowa AKBP Shinto Silitonga (9/12/2017).

Kapolres Goa yang pernah menjabat sebagai Kasatreskrim Polrestabes Surabaya itu mengatakan MADM merupakan penadah motor-motor hasil curian. Ia juga mengaku telah melakukan tindak pidana kejahatan tersebut selama lebih dari enam bulan.

“Dia menadah motor hasil curian, kemudian dia jual lagi ke jaringannya. Dia sudah menerima sekitar 10 unit motor hasil curian dengan harga sekitar Rp 2-3 juta per unit,” imbuh Shinto.

Selain MADM, pelaku lain yang berperan sebagai penadah yang ditangkap adalah MDS alias Ancu dan ADT (42). Sementara polisi juga berhasil menangkap kelompok pelaku pencurian yakni SDT (28), UD (18) dan, IMDN.

“Penangkapan jaringan ini merupakan pengembangan dari tersangka SDT yang sudah diproses pada April 2017 lalu,” sambung Shinto.

Sindikat ini diduga telah melakukan aksinya sejak lama. Polres Gowa sendiri mencatat setidaknya ada tiga laporan polisi terkait pencurian motor yang dilakukan komplotan ini sejak April 2017.

“Modusnya mereka mencari sasaran motor yang diparkir di halaman, kemudian merusaknya dengan kunci letter ‘Y’, kemudian dijual ke penadah atau digadaikan,” lanjut Shinto.

Dari para pelaku, polisi menyita 11 unit motor hasil curian, 1 buah kunci letter Y berikut anak kuncinya, 21 set kunci motor, 25 lembar Surat Tanda Nomor Kendaraan (STNK) berbagai jenis motor, 7 lembar salinan Buku Pemilik Kendaraan Bermotor (BPKB), serta 2 pasang pelat nomor motor dan mobil. Atas perbutannya kelompok ini dijerat Pasal 363 KUHP dan Pasal 480 KUHP.

“Kami akan menindak tegas pelaku kejahatan jalanan yang bermain di wilayah Gowa, Sulawesi Selatan,” tandas Shinto.@aw01


Foto:Kapolres Goa, AKBP Shinto Silitonga


Categorised in: , ,

No comment for Digawangi Kapolres Baru, Polres Goa Ungkap Sindikat Curanmor

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.