Menu Click to open Menus
Home » Internasional » Jaksa Panama Mengklaim ‘Kasus Solid’ Terhadap Mossack Fonseca

Jaksa Panama Mengklaim ‘Kasus Solid’ Terhadap Mossack Fonseca

(254 Views) Desember 12, 2017 8:29 am | Published by | No comment

AWASNEWS.COM: Mossack Fonseca, firma hukum di jantung urusan Panama Papers, menjual perusahaan shell dan rekening bank yang digunakan untuk membantu menyembunyikan suap yang dibayarkan di Amerika Selatan, seorang jaksa Panama yang dituduh melakukan konferensi pers pada hari Kamis.

Rómulo Bethancourt, salah satu jaksa kriminal terorganisir Panama, saat ini sedang menyelidiki peran Mossack Fonseca dalam penyelidikan korupsi internasional. Investigasi tersebut, yang dikenal dengan nama Lava Jato, telah melacak puluhan perusahaan yang diduga membayar suap kepada politisi dan pejabat di Brasil dengan imbalan kontrak dengan perusahaan minyak milik negara tersebut.

“Kami memiliki kasus yang solid,” kata Bethancourt tentang penyelidikan agensinya terhadap Mossack Fonseca, yang dimulai awal tahun ini. Investigasi terpisah terus berlanjut ke Mossack Fonseca dan Makalah Panama.

Bethancourt mengatakan kepada wartawan bahwa kantornya telah mengidentifikasi dua rekening bank di Panama yang menerima pembayaran “tidak biasa” yang terkait dengan kantor Mossack Fonseca di Brasil.

Pendiri Mossack Fonseca, Jürgen Mossack dan Ramón Fonseca, telah ditahan sejak Februari dalam kaitannya dengan penyelidikan Lava Jato.

Operasi Mossack Fonseca di Brazil “menawarkan produk keuangan yang ditujukan untuk menyembunyikan uang yang masuk ke sistem keuangan Panama,” kata Bethancourt.

Sebagai tanggapan, pengacara Mossack dan Fonseca mengadakan konferensi pers mereka sendiri pada hari Jumat pagi untuk menanggapi tuduhan jaksa penuntut.

Pengacara pria tersebut, Guillermina MacDonald, mengatakan bahwa rekening bank yang disebutkan oleh jaksa menerima biaya administrasi yang sah yang sama sekali tidak ilegal.

Rekening bank ditutup setelah rilis investigasi Panama Papers oleh ICIJ dan mitra media, MacDonald mengatakan. Bertolak belakang dengan tuntutan jaksa, MacDonald mengatakan, penutupan akun tersebut bukan karena investigasi Lava Jato.

Fonseca, Mossack dan karyawan ketiga perusahaan tersebut, Edison Teano, telah ditahan sejak 9 Februari. Perwakilan Mossack Fonseca di Brasil, Maria Mercedes Riano, juga masih dalam tahanan di Panama City.

Awal bulan ini, pengacara mengajukan petisi untuk membebaskan Mossack dan Fonseca, bersikeras bahwa penahanan mereka melanggar hukum. Pengadilan kriminal Panama telah menolak jaminan untuk pasangan tersebut, dengan alasan risiko penerbangan dan penghancuran bukti.

Hampir satu tahun setelah diterbitkan pertama kali, data Panama Papers terus digunakan oleh mitra ICIJ dalam penyelidikan yang sedang berlangsung, dan untuk menghasilkan dampak di seluruh dunia. Di antara temuan dan tanggapan terbaru:

Makalah Panama telah membantu menjelaskan skema keuangan besar-besaran yang diduga digunakan untuk menyedot uang dari Rusia, menurut penyelidikan yang sedang berlangsung sebagai bagian dari proyek Laundromat Proyek Terorong dan Korupsi (OCCRP) Terorganisir . Wartawan dari 32 negara ikut ambil bagian dalam penyelidikan.

New York Times menggunakan data Panama Papers untuk mengungkapkan beberapa tautan bisnis lepas pantai dari seorang pengusaha Turki terkemuka – yang dikenal sebagai “Trump Turki” – yang perusahaan real estatnya sedang dikejar oleh Trump Organization untuk sebuah proyek hotel Dallas yang baru.

Rincian dari Makalah Panama yang dipublikasikan di Database Lepas Pantai ICIJ diduga membantu mengekspos skema kickback yang rumit yang tentakelnya menyebar dari pulau Karibia Aruba ke gudang di Florida ke tempat berlabuh perbankan lepas pantai Panama City, menurut laporan dari The Miami Herald.

Regulator dan lembaga keuangan terus menyelidiki dan bertindak berdasarkan data Panama Papers: Royal Bank of Canada baru-baru ini menutup 40 akun yang terkait dengan perselingkuhan; Otoritas pajak India mengumumkan bahwa 424 klien India Mossack Fonseca sedang diselidiki, dan; di Kosta Rika, pihak berwenang mengatakan bahwa mereka sekarang telah mengidentifikasi 120 perusahaan dan perusahaan yangterkait dengan Makalah Panama.

Kontributor : Hamish Boland-Rudder


Foto: ICIJ


Tags:
Categorised in:

No comment for Jaksa Panama Mengklaim ‘Kasus Solid’ Terhadap Mossack Fonseca

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.