Menu Click to open Menus
Home » Hukrim » Bos PT Aman Samudra Lines Dituntut 2,6 Tahun Penjara

Bos PT Aman Samudra Lines Dituntut 2,6 Tahun Penjara

(753 Views) Januari 16, 2018 9:09 am | Published by | 1 Comment

SURABAYA (AWASnews.com) – Pengadilan Negeri (PN) Surabaya, kembali menggelar sidang kasus pemalsuan dan penipuan yang menjerat, Bos PT. Aman Samudra Lines, Hasan Aman Santoso. Selasa (16/1).

Sidang kali ini beragendakan pembacaan tuntutan oleh Jaksa Penuntut Umum (JPU), Siska dari Kejaksaan Negeri Tanjung Perak Surabaya.

JPU menyatakan terdakwa terbukti melanggar pasal 378 KUHP tentang Penipuan.

“Menuntut terdakwa, Hasan Aman Santoso melanggar pasal 378 tentang penipuan, dengan hukuman 2 tahun 6 bulan” ujar jaksa Siska.

Tuntutan JPU tersebut oleh kuasa hukum saksi korban yakni Wellem Mintaraja, dinilai kurang memenuhi unsur keadilan. Pasalnya korban Eddy Tanuwijaya telah dirugikan oleh terdakwa secara materiil maupun immateriil.

“Kerugian materiil dikarenakan terdakwa sudah memakai kendaraan Truk Head Hino selama 10 bulan, dan korban tidak menuntut dalam segi materi barang yang sudah pada kuasanya” Ujar Wellem saat dikonfirmasi setelah persidangan.

Perlu diketahui, terdakwa kasus pemalsuan dan penipuan ini telah memberikan tiga buah cek/bilyet giro Bank BNI sebagai sarana dalam jual beli kendaraan Truk Head Hino senilai Rp 510 juta pada saksi korban.

Setelah cek diterima, terdakwa melalui saksi Effendi Ardiyanto (karyawan PT. Aman Samudra Lines) lantas mendatangi Bank BNI dan mengaku bahwa telah kehilangan dua lembar cek dengan No. 794268 dan No. 794269.

‌Mendengar laporan dari terdakwa, pihak dari Bank BNI lantas menyarankan terdakwa untuk meminta surat kehilangan dari kepolisian.

Setelah mendapat surat keterangan kehilangan dari kepolisian yang diminta Bank Panin, saat itu juga pihak Bank BNI langsung memblokir kedua cek tersebut. Alhasil cek yang diterima korban, Eddy Tanuwijaya tak bisa dicairkan.

Atas perbuatan terdakwa tersebut, saksi korban mereka dirugikan ratusan juta rupiah sehingga melaporkan terdakwa pada kepolisian.@junaedi


Berita Terkait

Tags:
Categorised in:

1 Komentar for Bos PT Aman Samudra Lines Dituntut 2,6 Tahun Penjara

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.