Menu Click to open Menus
Home » Lintas Peristiwa » USBN Merupakan Tolok Ukur Standar Kompetensi Lulusan

USBN Merupakan Tolok Ukur Standar Kompetensi Lulusan

(190 Views) Mei 3, 2018 7:24 pm | Published by | No comment

Salah satu SD di Kecamatan Dagangan yang dikunjungi Bupati dan Tim Monitoring
MADIUN, AWASNEWS – Bupati Madiun bersama tim monitoring, Ketua DPRD Kabupaten Madiun, Kepala Dinas Pendidikan, anggota DPRD komisi A, dan Kepala Kemenag mengadakan sidak ke beberapa sekolah SD dan MI di Kabupaten Madiun yang sedang melaksanakan Ujian Sekolah Berbasis Nasional (USBN).

Bupati Muhtarom bersama rombongan mengadakan kunjungan sidak USBN di SDN Sukosari 02, SDN Banjarsari Kulon 02, MI plus Al-Islam di kecamatan Dagangan. Dihadapan wartawan Bupati menjelaskan, bahwa USBN yang dikunjungi ada 9154 siswa yang membutuhkan 667 ruang, dengan 1354 pengawas termasuk independen dan pengamanan dari kepolisian hari ini semua siswa hadir semua, ungkapnya, Kamis (3/5/2018).

Lanjut bupati, hasil sidak nantinya dari Tahun ke Tahun harus ada peningkatan, dilihat dari hasil evaluasi kalau memang ada evaluasi nanti akan diperbaiki Tahun 2019. Karena manfaat USBN ini untuk mengukur Capaian Kompetensi peserta didik yang dilakukan oleh satuan Pendidikan yang mana mengacu pada Standar Kompetensi Lulusan untuk memperoleh pengakuan atas prestasi belajar, terangnya.

Manfaat USBN adalah untuk pemetaan mutu program pendidikan yang mana buat pertimbangan seleksi masuk jenjang pendidikan selanjutnya, begitu juga dasar pembinaan dan pemberian bantuan kepada satuan pendidikan adalah untuk pemerataan serta peningkatan mutu pendidik, jelasnya.

Pemerintah Daerah dapat memanfaatkan hasil USBN untuk melakukan perencanaan program pembinaan satuan pendidikan dalam rangka peningkatan kualitas lulusan yang unggul dan berdaya saing, baik pada tatanan lokal, nasional maupun global. Sistem pelaksanaan USBN di Kabupaten Madiun sendiri dilakukan dengan penggabungan sekolah, tujuannya dakam rangka efektifitas kelas sekaligus memudahkan monitor, juga tidak jauh dengan lokasi yang ditempati siswa atau tidak menyulitkan siswa, pungkasnya. (Ben).


Categorised in:

No comment for USBN Merupakan Tolok Ukur Standar Kompetensi Lulusan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.