Menu Click to open Menus
Home » Daerah » Sosialisasi Petugas Pemungut PBB-P2 Kabupaten Madiun Tahun 2018

Sosialisasi Petugas Pemungut PBB-P2 Kabupaten Madiun Tahun 2018

(205 Views) Mei 15, 2018 6:20 pm | Published by | No comment

Acara pembinaan dan sosialisasi petugas pemungut pajak di Kecamatan Pilangkenceng

MADIUN, AWASNEWS – Dalam upaya memaksimalkan Pendapatan Asli Daerah (PAD) Kabupaten Madiun, sesuai dengan Undang-Undang Nomor 12 Tahun 1985 tentang Pajak Bumi Dan Bangunan (PBB), dimana pajak merupakan salah satu sumber penerimaan negara yang sangat penting artinya, bagi pelaksanaan Pembangunan Nasional sebagai bentuk pengamalan Pancasila yang bertujuan untuk meningkatkan kemakmuran dan kesejahteraan rakyat, oleh karena itu perlu dikelola dengan meningkatkan peran serta masyarakat sesuai dengan kemampuannya.

Terkait dengan itu semua Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Madiun melalui Badan Pendapatan Daerah (Bapenda) menggelar Pembinaan dan Sosialisasi Petugas Pemungut Pajak Bumi Bangunan Perdesaan dan Perkotaan ( PBB-P2 ) di Kecamatan-Kecamatan se Kabupaten, salah satunya Kecamatan Pilangkenceng, pada hari Kamis (3/5/18).

Hadir pada acara tersebut, Danramil. Kapolsek , Camat Pilangkenceng, DPRD komisi C Kabupaten Madiun serta Kepala Badan Pendapatan Daerah (Bapenda) yang dalam hal ini diwakili Kepala Bidang (Kabid) Pembukuan dan Penagihan Ari Nursurahmat, S.Sos serta perangkat desa dan petugas pemungut pajak Kecamatan Pilangkenceng.

Seperti yang disampaikan Ari, pembinaan dan sosialisasi ini sangat penting, karena untuk peningkatan Pendapatan Asli Daearah (PAD) dalam rangka membangun Kabupaten Madiun. Pajak PBB merupakan salah satu sumber pendapatan di Kabupaten Madiun, dimana PBB-P2 merupakan sharing pendapatan yang dananya akan dikembalikan dalam bentuk Alokasi Dana Desa (ADD), kami berharap peran serta masyarakat agar pembangunan di Kabupaten Madiun berjalan dengan baik dan lancar, tandasnya.

Lanjut Kabid Ari, Bapenda akan memberikan hadiah kepada petugas pemungut pajak PBB yang bisa lunas lebih awal, begitu juga desa-desa yang berhasil membayar pajak PBB sebelum batas yang ditentukan, masing-masing sebesar 5% dari baku desa dan baku pemungut, hadiah akan diberikan pada Hari Jadi Kabupaten Madiun, jelasnya.

Untuk hadiah sebesar 5% langsung di SK kan oleh Kepala Desa dan dibagikan ke tim intensifikasi PBB Desa/Kelurahan untuk Kepala Desa 40%, sekretaris 5%, bendahara 5%, dan 50% untuk petugas pemungut.Untuk pencairan secara bertahap, apabila lunas akan dibayar 100% melalui tranfer, pungkasnya.

Secara terpisah Camat Pilangkenceng Edy menambahkan, dengan adanya pembinaan dan sosialisasi PBB-P2 di Kecamatan Pilangkenceng harapannya pajak PBB bisa lebih baik dari tahun sebelumnya, dari 18 desa yang belum lunas cuman satu desa, dimana dari Tahun 2015 sampai Tahun 2017 Kecamatan Pilangkengceng mendapat urutan ke 3 ( tiga ) dari 15 Kecamatan se Kabupaten Madiun, mudah-mudahan Tahun 2018 ini Kecamatan Pilangkenceng pajaknya bisa lunas tepat waktu dan menjadi lebih baik dari tahun sebelumnya , ungkapnya. (Ben).


Categorised in:

No comment for Sosialisasi Petugas Pemungut PBB-P2 Kabupaten Madiun Tahun 2018

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.