Menu Click to open Menus
Home » Hukrim » Kejari Surabaya Jebloskan Dua Petinggi KSU Mitra Lestari Kepenjara

Kejari Surabaya Jebloskan Dua Petinggi KSU Mitra Lestari Kepenjara

(215 Views) Juni 28, 2018 11:45 am | Published by | No comment
Spread the love

AWAS – Kejaksaan Negeri (Kejari) Surabaya, jebloskan dua pejabat Koperasi Serba Usaha (KSU) Mitra Lestari Surabaya, ke rumah tahanan klas I Surabaya, cabang Kejati Jatim, Kamis 28/6/18.

Dua pejabat tersebut adalah Kun Hidayat Imam selaku Ketua KSU Mitra Lestari dan Sutikno Tjoedoko, Manager KSU.

Keduanya diduga terlibat dalam korupsi anggaran yang dikucurkan oleh Kementerian Koperasi & UMKM senilai Rp 1 milliar, lewat Lembaga Pengelola Dana Bergulir (LPDB).

Kasi Pidsus Kejari Surabaya, Heru Kamarullah menyatakan, pihaknya akan melakukan penahanan pada kedua tersangka sampai 20 hari kedepan.

” Tersangka KHI dan STJ kami tahan selama dua puluh hari kedepan di Rutan Kelas 1 Surabaya Cabang Kejati Jatim,” Terangnya pada awak media.

Kasus ini menurut Heru, terjadi pada Desember 2012 lalu, saat itu tersangka Kun Hidayat Imam mengajukan pinjaman LPDB ke Kementerian Koperasi & UMKM sebesar 1,5 milliar rupiah yang rencananya akan disalurkan ke 24 anggota KSU Mitra Lestari.

Pinjaman pada LPDB itu akhirnya dicairkan pada 26 Maret 2013, oleh tersangka Sutikno Tjoedoko, selaku Manager KSU Mitra Lestari melalui rekening KSU Mitra Lestari di Bank BCA KCP Tandes.

Namun dari total anggota KSU Mitra Lestari yang berjumlah 24 orang, hanya 5 orang anggota saja yang menerima pencairan dana, sedangkan 19 anggota lainnya tidak mengetahui adanya pinjaman di LPDB. Bahkan sisa dari dana pencairan itu diputar dan dibuat untuk kepentingan tersangka sehingga mengakibatkan kredit macet.

” Sisanya diputar oleh kedua tersangka hingga akhirnya dana itu macet,”jelas Heru Kamarullah.

Atas perbuatannya, kini Para tersangka dijerat menggunakan pasal 2 ayat (1) jo Pasal 18 UU Nomor 31 Tahun 1999 tentang tindak pidana korupsi sebagaimana diubah dengan UU Nomor 20 Tahun 2001 tentang perubahan atas UU Nomor 31 Tahun 1999 tentang pemberantasan tindak pidana korupsi jo Pasal 55 ayat (1) KUHP.

“Perbuatan para tersangka bertentangan dengan Surat Pemberitahuan Persetujuan Prinsip (SP3) tanggal 23 Februari 2013 dan Peraturan Direksi LPDB Nomor 36/PER/LPDB/2010 tentang petunjuk teknis pemberian pinjaman atau pembiayaan kepada koperasi,” Pungkas Heru.@Jun


Berita Terkait

Tags: ,
Categorised in:

No comment for Kejari Surabaya Jebloskan Dua Petinggi KSU Mitra Lestari Kepenjara

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.