Menu Click to open Menus
Home » Opini » Tambang Liar Bikin Resahkan Banyak Warga

Tambang Liar Bikin Resahkan Banyak Warga

(141 Views) Juli 1, 2018 2:28 pm | Published by | No comment

Banyuwangi,awasnews.com Hampir setiap hari penambangan liar ada di mana – mana dari tim awak media setelah menelusuri ada salah satu penambangan liar yang ada di lokasi Dusun krajan Desa Kaligung Kecamatan Blimbingsari, Sabtu 30/06/2018.
Setelah awak media mengetahui bahwa penambangan milik Budi tanpa ada izin SIUP Dan IUP tersebut mengatakan kepada awak media “ini hanya bersifat sementara tidak terus menerus, jawabnya sambil mengeluh”.

Apapun alasan nya bagi penambang tersebut apabila tidak memiliki izin terkait SIUP dan IUP maka penambangan tersebut dinyatakan PENAMBANGAN LIAR. Dan dikenakan sanksi pidana sesuai undang – undang yang berlaku.

Undang – undang no: 4 tahun 2009 tentang, pertambangan Mineral dan Batubara. Dalam pasal 158 merumuskan:
Setiap orang yang melakukan usaha penambangan tanpa IUP , IPR dan IUPK sebagai mana dimaksud dalam pasal 37, pasal 40 ayat (3) , pasal 48 , pasal 67 ayat (1) , pasal 74 ayat (1) atau ayat (5). DIPIDANA DENGAN PIDANA PENJARA PALING LAMA 10 (sepuluh) tahun dan denda paling banyak Rp 10.000.000.000,- ( sepuluh miliyar rupiah ).

Sebagian kecil masyarakat sekitar lokasi penambangan tersebut banyak yang mengeluh tentang keberadaan penambangan tersebut, hal ini perlu disikapi dan di tindak lanjuti sesuai undang – undang yang berlaku supaya mayarakat berharap di lokasi penambangan liar tersebut supaya dihentikan, karena mengakibatkan banyak dampak negatif di area lingkungan dan meresahkan warga sekitarnya.

( awas team )


Categorised in:

No comment for Tambang Liar Bikin Resahkan Banyak Warga

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.