Menu Click to open Menus
Home » Hukrim » Dirut PT Surabaya Country Gelapkan Uang Pemegang Saham

Dirut PT Surabaya Country Gelapkan Uang Pemegang Saham

(172 Views) Juli 9, 2018 9:35 am | Published by | No comment

AWAS – Direktur Utama PT. Surabaya Country, Bambang Poerniawan, terdakwa dalam kasus penggelapan dalam jabatan mengaku Uang milik dua orang saksi korban, Syafi’i dan Susastro Soephomo memang ia gunakan sebagiannya untuk mencicil hutang perusahaan.

” Sampai sekarang ada uangnya , semua masuk PT , ada yang digunakan untuk mencicil” kata Bambang Poerniawan ,dihadapan Ketua Majelis Hakim Sigit Sutriono, Senin (9/7/18).

Terdakwa juga mengaku pernah mengundang Koban untuk menggelar Rapat Umum Pegang Saham (RUPS), namun keduanya tidak memenuhi undangan sehingga menurut Bambang, saham milik saksi korban diambil alih oleh Pemegang saham lainnya.

” Diundang Rups mereka tidak datang, saham yang tidak disetor akhirnya diambil alih oleh pemegang saham lainnya, ” imbuh terdakwa.

Kasus penggelapan ini berawal saat PT Surabaya Country menggelar Rapat Umum Pegang Saham (RUPS), pada 9 Juni 2015.

Dalam rapat tersebut para anggota sepakat untuk menyetor uang sebagai tambahan modal perusahaan.

Saksi korban ,Safi’i dan Susastro Soephomo yang juga selaku pemegang saham akirnya memberikan tambahan modal pada PT. Surabaya Country sebesar 410 juta dengan rincian, Syafi’ienambahkan modal sebesar 210 juta dan Susastro sebesar 300 juta.

Setelah menerima uang setoran dari Susastro Soephomo dan Safi’i , uang tersebut oleh terdakwa tidak dimasukkan dalam penambahan saham sesuai dalam RUPS tanggal 9 Juni 2015.

Uang itu ternyata digunakan terdakwa untuk membayar tunggakan hutang PT. Surabaya Country ke Bank Ekonomi, sehingga prosentase saham milik Susastro Soephomo dan Safi’i menjadi berkurang.

Merasa dirugikan, Korban lalu melaporkan Bambang ke Polda Jatim, dan setelah penyidik memeriksa para saksi dan mengumpulkan alat bukti, Bos PT. Surabaya Country itu (Bambang Poerniawan,red) akirnya ditetapkan sebagai tersangka.

Kini Terdakwa Bambang Poerniawan, Oleh Jaksa Penuntut Umum (JPU) Darmawati Lahang dari Kejati Jatim dijerat menggunakan pasal 374 KUHP tentang penggelapan dalam jabatan, dan terancam pidana 5 tahun penjara.@Jun


Berita Terkait

Tags:
Categorised in:

No comment for Dirut PT Surabaya Country Gelapkan Uang Pemegang Saham

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.