Menu Click to open Menus
Home » Daerah » Bupati Apresiasi Gerakan Kampung KB Desa Jambu Rejo

Bupati Apresiasi Gerakan Kampung KB Desa Jambu Rejo

(94 Views) Juli 18, 2018 3:27 pm | Published by | No comment


Musi Rawas Awasnews.com – Bupati Musi Rawas, H Hendra Gunawan memberikan apresiasi dan Penghargaan kepada pemerintahan desa dan masyarakat Desa Jambu Rejo Kecamatan Sumberharta atas kesuksesan pelaksanaan Gerakan Kampung Keluarga Berencana (KB).

Apresiasi ini disampaikan saat menghadiri pelaksanaan Gerakan Kampung KB yang dilaksanakan di halaman Balai Desa Jambu Rejo, Rabu (18/07/2018) yang mengangkat tema “kita tingkatkan integrasi program lintas sektor di kampung KB guna mempercepat terwujudnya kualitas sumber daya manusia”.

Bupati Musi Rawas yang hadir didampingi oleh Ketua TP PKK Musi Rawas, dr Hj Noviar Marlina Gunawan mengatakan Gerakan Kampung KB ini sangat penting dilaksanakan karena dengan Progran KB ini bukan hanya untuk mengendalikan jumlah penduduk namun lebih kepada mewujudkan kualitas sumberdaya manusia yang baik dan berdaya saing serta berprestasi.

Keberhasilan dalam melaksanakan Gerakan Kampung KB di desa dapat terlihat dari program dan aktifitas yang dilakukan didesa ini serta capainnya. Dari data yang disampaikan oleh Pemerintah Desa lebih dari 75 persen pasangan usia subur menggunakan Akseptor aktif yakni 321 Pasangan Usia Subur (PUS)Dari 426 pasangan PUS yang ada di desa Jambu Rejo.

Selain itu, didesa ini juga telah aktif kelompok bina masyarakat diantaranya Bina Keluarga Balita (BKB), Bina Keluarga Remaja (BKR), Bina Keluarga Lansia (BKL), Usaha Peningkatan Pendapatan Keluarga Sejahtera (UPPKS) dan Pusat Informasi dan Konseling Remaja (PIK-Remaja). Selain itu, untuk kegiatan posyandu, desa ini juga secara rutin melaksanakan pelayanan setiap tanggal 21-22 perbulanya.

Dikatakan Bupati, kedepan dirinya mengharapkan agar keberhasilan dalam membina masyarakat khususnya PUS ini dapat terus didorong dengan rasa kebersamaan dan terus menggelorakan semangat gotong royong sehingga apa yang dibutuhkan tujuan ini dapat terselesaikan dengan cepat dan baik serta dapat bermanfaat bagi seluruh masyarakat.

Sementara itu, Kepala Desa Jambu Rejo, Maryadi dalam laporannya mengungkapkan kehadiran Bupati kedesanya dapat mendorong pemerinah desa dan masyarakat untuk lebih semangat dalam membangun desa ini sehingga diharapkan kedepan desa ini bisa memiliki fasilitas dan suasana perkotaan.

Pada kesempatan itu, Kades juga memaparkan hasil-hasil pembangunan didesa yang dibiayai oleh Dinas PUCK, Dinas PUBM, Dinas Perhubungan, Dinas Pertanian dan dana desa. Kades berharap kedepan, Pemkab Mura agar dapat terus memerhatikan khususnya peningkatan jalan penghubung antara desa ke kecamatan yang saat ini sudah mengalami kerusakan.

Kepala Perwakilan BKKBN Propinsi Sumsel, Drs Ary Goedadi memberikan apresiasi kepada pemerintah daerah dan desa, khususnya masyarakat yang telah secara konsisten menjalankan konsep kampung KB ini. dengan adanya gerakan Kampung KB ini diharapkan dapat lebih meningkatkan kualitas sumberdaya manusia.

Ada beberap hal penting didalam Kampung KB seperti ada kelompok bina keluarga remaja dalam bentuk pusat konsling remaja, tidak ada remaja menikah karena telah melakukan hubungan di luar nikah dan terbebas dari narkoba. Selain itu, Kadis KB Sumsel ini mengharapkan agar tetap menjaga lingkungan agar tetap sehat karena kesehatan lingkungan sangat penting bagi ibu hamil, selain itu untuk kaum bapak agar tidak merokok di dekat ibu hami karena akan mempengaruhi janin yang di kandung.

Pada kesempatan itu juga Bupati menyerahkan bantuan seperti 1 unit acultivator dan bibit cabe, 1 unit hand spayer, makanan tambahan ibu hamil dan anak, pil tambah darah untuk remaja dan KTP gratis serta melaksanakan peletakan batu pertama pembangunan masjid Mujahidin Dusun II, yang beberapa waktu lalu mengalami kebakaran.

Acara Gerakan Kampung KB ini dihadiri oleh ratusan masyarakat setempat, disekitar lokasi tersebut juga dibuka pelayanan baik dalam pelayanan kesehatan dan KB Gratis, Pelayanan Pembuatan KTP, Perpustakaan keliling dan lainnya. Masyarakat yang datang terlihat antusia memanfaatkan fasilitas yang disugukan dalam kegiatan ini.
(*Kmnf*)
(*Ledy*)


This post was written by Andi Lady
About

Andiledy lahir581988lubuklinggausumsel

Categorised in:

No comment for Bupati Apresiasi Gerakan Kampung KB Desa Jambu Rejo

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.