Menu Click to open Menus
Home » Daerah » Kontes Ternak Kabupaten Madiun Tahun 2018

Kontes Ternak Kabupaten Madiun Tahun 2018

(131 Views) Juli 21, 2018 6:04 am | Published by | No comment

 

 

 

MADIUN, AWASNEWS – Dalam rangka peringatan Hari Jadi Kabupaten Madiun yang ke 450 Pemerintah Kabupaten Madiun banyak menggelar kegiatan, salah satunya Kontes Ternak se-Kabupaten Madiun melalui Dinas Pertanian dan Perikanan dalam hal ini Bidang Peternakan yang diselenggarakan di Lapangan Kelurahan Munggut Kecamatan Wungu, Selasa (17/7/18).

Hadir dalam acara tersebut Bupati Madiun, Anggota DPRD komisi B, Asisten Perekonomian dan Pembangunan, Staf Ahli, Kepala OPD, Camat se-Kabupaten Madiun, Lurah Munggut serta para peserta kontes ternak maupun undangan lainnya. Adapun yang dilombakan sebanyak 75 ekor sapi dan 30 ekor kambing.

Tujuan diadakan kontes tersebut dalam rangka promosi hasil produksi peternakan daerah dengan memotivasi kepada para peternak serta sebagai ajang silaturahmi antara petugas peternakan di Kabupaten Madiun. Acara seremonial kontes ternak juga disertai dengan gerakan minum susu yang diikuti siswa SD yang disediakan oleh dinas pertanian dan peternakan.

Dalam sambutannya bupati Madiun Muhtarom mengatakan, kontes ternak ini merupakan momentum yang sangat tepat dalam rangka mengembangkan sub sektor peternakan. Karena bertujuan untuk menggugah minat masyarakat dan memotivasi peternak dalam memproduksi ternak yang berkualitas, terangnya.

Lanjut bupati, karena itu marilah kita lanjutkan pembangunan peternakan ini melalui peningkatan usaha, intensifikasi, externsifikasi dan diversifikasi ternak. Tentunya hal ini harus didukung oleh pengembangan dan pemanfaatan ilmu pengetahuan dan teknologi, karena bertujuan untuk membangun sistem peternakan yang mampu memanfaatkan sumber daya lokal berdaya saing dan meningkatkan populasi ternak terutama sapi potong dan mensejahterakan peternak, ungkapnya.

Muhtarom menambahkan, sasaran utama pengembangan komoditas populasi sapi potong di Kabupaten Madiun adalah peningkatan produksi melalui populasi ternak. Dalam upaya mempertahankan swasembada daging sapi dan kerbau secara nasional telah tercapai pada Tahun 2014 lalu, bupati juga mengucapkan selamat kepada para pemenang lomba dan berharap semoga prestasi ini dapat dijadikan pemicu semangat untuk mengembangkan usaha peternakan di Kabupaten Madiun, pungkasnya.

Secara terpisah Kepala Bidang (Kabid) Peternakan Dinas Pertanian dan Perikanan Kabupaten Madiun Ir.Estu Dwi Waluyani mengatakan, sapi kereman yang ikut kontes ternak minimal telah berumur 2 Tahun , untuk bakalan kurang dari 2 tahun dan untuk induk harus sudah beranak, terangnya.

Melalui kontes ternak ini diharapkan peternakan di Madiun semakin berkembang dengan kwalitas yang baik. Sementara populasi ternak di Kabupaten Madiun jelang Hari Raya Kurban diperkirakan mencapai 20 ribu ekor, tandasnya. ( Ben ).


Categorised in:

No comment for Kontes Ternak Kabupaten Madiun Tahun 2018

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.