Menu Click to open Menus
Home » Daerah » Pembinaan Petugas Registrasi Desa oleh Dispendukcapil

Pembinaan Petugas Registrasi Desa oleh Dispendukcapil

(117 Views) Juli 24, 2018 1:36 pm | Published by | No comment

 

 

Kabid Pelayanan Pencatatan Sipil Ahmad Sofingi saat memberi pemaparan kepada Petugas Registrasi Desa

Awasnews, Madiun – Dalam rangka memudahkan petugas Dispendukcapil dalam pendataan data penduduk (KK, KTP), aplikasi, (akta kelahiran dan kematian) pihaknya mengadakan pembinaan kepada Petugas Registrasi Desa (PRD) yang nantinya mempunyai kemampuan melayani masyarakat dengan basic data. Pembinaan dan Evaluasi yang dilaksanakan oleh Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil dilaksanakan selama tiga hari di lantai 3 ruang rapat Dukcapil, Selasa (17/7/18).

Dalam pembinaan dan evaluasi ini Petugas Registrasi Desa diarahkan untuk lebih mampu dalam pengelolaan data melalui excel dan microsoft. Meskipun tergolong sederhana namun bagi petugas registrasi seolah-olah petugas tersebut mampu mengolah data dengan cara mengirimkan akses pengolahan data.

Seperti yang disampaikan Kabid Pelayanan Pencatatan Sipil Ahmad Sofingi bahwa kegiatan ini merupakan agenda rutin triwulan yang dilakukan oleh Dispendukcapil Kabupaten Madiun. Bukan hanya itu apabila nanti ada masyarakat yang tanya, nantinya PRD yang melayani masyarakat dengan basic data, terangnya.

Dari data tersebut juga bisa dilihat by name by addres per rt, apabila nanti ada nama yang belum masuk, PRD bisa memanggil yang bersangkutan melalui surat agar segera mengurus dokumen kependudukannya. Tidak menutup kemungkinan sewaktu perekaman massal ada masyarakat yang tidak bisa hadir karena sesuatu hal, ungkapnya.

Lanjut Sofingi, terkait dengan evaluasi nantinya akan diketahui ada berapa masyarakat yang belum masuk perekaman data kependudukan. Untuk akta kelahiran prosesnya sudah 100% namun secara keseluruhan tingkat kabupaten baru 90%. Target kita adalah 95% dan diharapkan tahun 2018 bisa selesai. Terkait progress kepengurusan akta kelahiran di Kabupaten Madiun sudah melampaui target nasional, nantinya dengan pemerintahan yang baru diharapkan dibidang Pemanfaatan data bisa jalan dan dimanfaatkan dengan baik oleh desa, pungkasnya. (Ben).


Categorised in:

No comment for Pembinaan Petugas Registrasi Desa oleh Dispendukcapil

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.