Menu Click to open Menus
Home » Hukrim » Ricuh…!! Sidang Kasus Penggelapan Terdakwa Diteriaki Penipu

Ricuh…!! Sidang Kasus Penggelapan Terdakwa Diteriaki Penipu

(153 Views) Juli 25, 2018 10:30 am | Published by | No comment

AWASNEWS.COM — Henry J Cosity Gunawan alias Cenliang diteriaki penipu oleh puluhan pedagang pasar Turi,  saat menghadiri sidang perkara penipuan dan Penggelapan di Pengadilan Negeri Surabaya, Rabu, (25/7/18).

Henry yang sebelumnya dikabarkan sakit, terlihat segar saat memasuki ruang sidang, teriakan para pedagang tersebut berhenti setelah beberapa orang pengawal pribadi Henry memasuki ruangan sidang dan meminta majelis hakim untuk mengeluarkan pengunjung yang tidak kooperatif.

Kuasa hukum Henry, Agus Dwi mengaku tidak mengerti dengan tuntutan para pedagang yang melaporkan kliennya itu dengan laporan tindak pidana penipuan dan penggelapan, Agus menilai diantara ratusan pedagang itu hanya 15 orang saja yang melaporkan Henry.

” Apa sih tujuan para pelapor, pedagang ini. apakah mereka benar-benar ingin kios ini dijalankan kembali supaya menjadi salah satu icon Surabaya atau apa, atau hanya untuk menjatuhkan ikon pribadi, dan yang melapor cuma 15 orang” Kata Agus Dwi Winarko, Seusai sidang, Rabu (25/7/18).

Diterangkan dalam dakwaan JPU, Henry didakwa dengan pasal berlapis, Perbuatan Mantan Ketua REI Jatim Periode 2008-2011 ini dianggap melanggar pasal 378 KUHP tentang penipuan dan pasal 372 tentang penggelapan.

Kasus ini mencuat setelah pedagang Pasar Turi melaporkan ke Polda Jatim, Januari 2015. Setelah melakukan penyidikan, Mabes Polri akhirnya memutuskan untuk mengambil alih kasus itu.

Sesuai laporan pedagang, Henry dianggap menggelapkan dan menipu sebanyak 3.600 pedagang di Pasar Turi. Modusnya, investor memungut biaya sertifikat hak milik atas kios pedagang.

“Perbuatan terdakwa Henry telah merugikan 19 orang para pedagang sebesar Rp 1.013. 944.000 (satu miliar, tiga belas juta, sembilan ratus empat puluh empat ribu rupiah),”kata Jaksa Ali Prakoso, sewaktu membacakan surat dakwaannya.@jn


Berita Terkait

Tags:
Categorised in:

No comment for Ricuh…!! Sidang Kasus Penggelapan Terdakwa Diteriaki Penipu

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.