Menu Click to open Menus
Home » Daerah » Peninjauan Kembali RTRW Kabupaten Madiun 2009-2029

Peninjauan Kembali RTRW Kabupaten Madiun 2009-2029

(236 Views) Juli 26, 2018 11:46 am | Published by | No comment

 

 

Nampak Kabid Infrastruktur dan Pengembangan Dedi didampingi Narasumber dari UGM memberi paparan dihadapan undangan.

 

Awasnews, Madiun – Untuk memastikan pemanfaatan ruang wilayah tidak menyimpang dari tujuan penataan dan tidak menimbulkan dampak negatif bagi lingkungan, maka diperlukan peninjauan kembali rencana tata ruang. Sesuai dengan UU.26 Tahun 2007 untuk mencapai kondisi ruang yang aman, nyaman, produktif dan berkelanjutan.

Terkait dengan hal tersebut Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Madiun melalui Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) menggelar kegiatan Peninjauan Kembali Rencana Tata Ruang Wilayah (RTRW) Kabupaten Madiun 2009-2029 bertempat diruang rapat Bappeda Kabupaten Madiun, Rabu (4/7/18).

Peninjauan kembali rencana tata ruang adalah upaya untuk melihat kesesuaian antara rencana tata ruang dan kebutuhan pembangunan yang memperhatikan perkembangan lingkungan strategis dan dinamika pembangunan, serta pelaksanaan pemanfaatan ruang, jelas Dedi Suryadi, S.Hut, M.Si., Kepala Bidang (Kabid) Infrastruktur dan Pengembangan Wilayah Bappeda dalam sambutannya.

Kabit Infrastruktur dan Pengembangan Wilayah Dedi menambahkan, peninjauan kembali dilakukan satu kali dalam 5 tahun, yaitu pada tahun kelima semenjak RTRW disahkan. Akan tetapi RTRW dapat ditinjau lebih dari satu kali dalam 5 tahun, jika terjadi perubahan lingkungan strategis berupa bencana alam skala besar, perubahan batas teritorial negara, dan perubahan batas wilayah daerah, pelaksanaan peninjauan kembali meliputi pengkajian, evaluasi dan penilaian RTRW, terangnya.

Untuk Perda Kabupaten Madiun No.9 Tahun 2011 tentang RTRW Kabupaten Madiun 2009-2029 disahkan pada Tanggal 18 Juli 2011. Dengan demikian RTRW Kabupaten Madiun yang berlaku saat ini telah berjalan lebih dari 5 tahun, dan selama ini belum pernah dilakukan peninjauan kembali. Untuk itu perlu diadakan peninjauan kembali terhadap RTRW Kabupaten Madiun, agar dapat diketahui apakah Rencana Tata Ruang yang berlaku saat ini masih dapat digunakan sebagai dasar pemanfaatan ruang sehingga tujuan pemanfaatan ruang dapat diwujudkan, paparnya.

Lanjut Dedi, apa perlu direvisi disesuaikan dengan perkembangan pembangunan yang terjadi, apabila RTRW Kabupaten Madiun direvisi dengan perubahan atau pencabutan data, maka hasil peninjauan kembali RTRW Kabupaten Madiun akan menghasilkan gambaran kemanfaatan RTRW hingga saat ini dan rekomendasi ke depannya, pungkasnya.

Hadir pada acara tersebut Anggota Forkopimda yang dalam hal ini diwakili dari Lanud Iswahyudi, Bakorwil Madiun, BPN Kabupaten Madiun, OPD lingkup Kabupaten Madiun, Rektor Universitas Merdeka (Unmer) Madiun, Kepala Program Studi Teknik Sipil Unmer Madiun, Bidang Dalev Bappeda, Bidang Ekonomi, Bidang Litbang, Bidang Sosbud serta mengundang narasumber dari Pusat Studi Perencanaan Pembangunan Regional (PSPPR) UGM Jogjakarta. (Ben).


Categorised in:

No comment for Peninjauan Kembali RTRW Kabupaten Madiun 2009-2029

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.