Menu Click to open Menus
Home » Opini » LSM GP3 Apresiasi Kinerja Tipikor Polres Bone

LSM GP3 Apresiasi Kinerja Tipikor Polres Bone

(434 Views) Agustus 7, 2018 9:49 am | Published by | No comment
Spread the love

BONE,AWASNEWS.COM- Pasalnya pada tanggal 19 Juni 2017 lalu dengan Nomor.011/LSM-GPPP/VI-2017 Lembaga Pemantau Pembangunan Dan Pendidikan (LSM-GPPP) Kabupaten Bone telah melaporkan Kasus dugaan penyalagunaan Anggaran (Korupsi) Dana Desa (DD) yang bernilai milyaran rupiah di Desa Pattiro Riolo Kecamatan Sibulue Bone Sulawesi-Selatan.

Dengan dasar laporan tersebut Pihak Kepolisian Polres Bone bergegas menindak lanjuti melakukan penyelidikan hingga ketahap penyidikan dan menemukan bukti-bukti dugaan penyalagunaan anggaran yang merugikan negara sekitar ratusan juta rupiah.

“Pada hari Senin 06 Agustus 2018 Polres Bone resmi menahan Kepala Desa (Kades) dua periode Pattiro Riolo Kecamatan Sibulue, Symsuddin Bin Yesa bersama Plt Kades Symsuddin Bin Rahman atas Kasus dugaan Korupsi Dana Desa (DD) dan Alokasi Dana Desa (ADD) tahun anggaran 2016 silam.

Keduanya ditetapkan sebagai tersangka oleh Tim Penyidik Polres Bone setelah melalui proses panjang penyidikan.

“Dari tangan tersangka keduanya, kami juga menyita uang senilai 75 juta, dimana uang tersebut dari Samsuddin bin Rahman 29 juta dan Samsuddin bin Yesah 50 juta” Ujar Kapolres Bone AKBP Kadarislam didampingi Kasat Reskrim AKP Dharma Negara, saat menggelar kompresi PERS di ruang rapat Unit Tipikor Polres Bone dibilangan, Jln.Yos Sudarso, Bone Sulawesi Selatan.

“Lanjut Kapolres Muhammad Kadarislam menuturkan bahwa berdasarkan hasil audit Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) terdapat kerugian negara, sekitar kurang lebih Rp. 540 juta rupiah, menurut pengakuan keduanya, uang tersebut digunakan untuk kepentingan pribadi. Tegas Kapolres

Syamsuddin bin Yesa selaku tersangka dalam keterangan PERSnya membenarkan hal tersebut.

“Saat pemerintahan di pegang Plt (Samsuddin bin Rahman) saya masih diberi kepercayaan untuk mengelola anggaran, uangnya saya pakai untuk pembangunan talut (fiktif) dan kampanye jelang pemilihan Kepala Desa 2016 lalu, dan untuk itu saya mohon maaf” imbuh Syamsuddin.

Syamsuddin Bin Yesa juga mengakui bahwa Dana senilai Rp.300 juta digunakan untuk pemilihan Kepala Desa Jelasnya.

“Ditempat terpisah Ketua Harian LSM-GPPP Pangeran kepada Awas.com sangat mengapresiasi atas prestasi kinerja Tim Tipikor Polres Bone, karena telah berhasil mengungkap Kasus Korupsi Dana Desa dan mentersangkakan Kepala Desa serta Plt Desa Pattiro Riolo. Kata Pangeran.

Penulis: Idrus


Categorised in:

No comment for LSM GP3 Apresiasi Kinerja Tipikor Polres Bone

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.