Menu Click to open Menus
Home » Hukrim » Kasus Henry!! Kinerja Polri Dan Kejari Surabaya Diapresiasi DPR-RI

Kasus Henry!! Kinerja Polri Dan Kejari Surabaya Diapresiasi DPR-RI

(197 Views) Agustus 16, 2018 12:19 pm | Published by | No comment
Spread the love

AWASNEWS.COM — Anggota DPR-RI komisi II Irjen (Purn) Eddy Kusuma Wijaya, mengapresiasi pihak institusi Polri dan Kejaksaan Negeri Surabaya, yang telah mengambil sikap tegas pada Henry J Gunawan, tersangka kasus penipuan dan penggelapan uang senilai 240 miliar.

” Saya ucapkan terima kasih pada Polri, serta Kejari Surabaya, yang telah berani bertindak tegas menahan Henry yang sudah dilimpahkan perkaranya oleh mabes polri.” Kata Eddy, Kamis (16/8/18).

Menurut anggota fraksi PDIP ini, melalui tindakan tegas aparat tersebut, masyarakat Surabaya bisa menilai keprofesionalitasan lembaga peradilan.

“Artinya ini salah satu bukti lembaga peradilan tidak “masuk angin” dan tidak bisa “dibeli” oleh pengusaha kaya,” katanya.

Lebih lanjut Eddy mengatakan, peristiwa ini juga bisa menjadi gambaran baiknya upaya penegakan hukum yang bersih dan berwibawa di Indonesia, hal itu menurutnya bisa menjadi contoh bagi Kejari lain di Indonesia.

“Sangat positif dan bisa menjadi contoh buat lembaga penegak hukum di daerah lainnya,” katanya.

Selain itu, harap Eddy, pihak Pengadilan Negeri Surabaya yang menangani kasus Henry nantinya dapat menunjukkan predikat klas Excellent A yang telah disandang.

“Saya juga berharap PN Surabaya yg sudah dapat sertifikasi Excellent A, benar-benar bisa menunjukan kewibawaan dan marwah pengadilan,” Imbuhnya.

Ke depan, kata Eddy, Kepolisian bersama Kejari Surabaya diharapkan akan terus melakukan penyidikan dan penyelesaian terkait kasus lain Henry J Gunawan yang hingga saat ini masih dalam proses. “Kasus pengemplangan pajak dan berbagai kasus Henry lainnya harus diusut dan diselesaikan tuntas,” katanya.

Seperti diketahui, Bos PT.Gala Bumi Perkasa yang mengelola Pasar Turi Surabaya itu dijemput paksa oleh penyidik Bareskrim Mabes Polri sewaktu menghadiri sidang di pengadilan negeri Surabaya dalam kasus lain.

Henry ditangkap tepat di depan pintu masuk Pengadilan Negeri Surabaya.

Setelah berkasnya dilimpahkan, Oleh pihak Kejaksaan Negeri Surabaya, Henry langsung dititipkan di rumah tahanan Medaeng selama 20 hari ke depan.

Pelimpahan Bos Pasar Turi ke kejaksaan itu dalam kasus dugaan penipuan dan penggelapan senilai 240 miliar yang dilaporkan 2 rekan bisnisnya yakni, Teguh Kinarto dan Heng Hok Soei.

Henry dijerat dengan pasal 378 dan 372 KUHP tentang penggelapan dan penipuan. Pelimpahan kasus ini harusnya sudah beberapa waktu lalu, namun batal karena Henry mendadak sakit.@Jun


Berita Terkait

No comment for Kasus Henry!! Kinerja Polri Dan Kejari Surabaya Diapresiasi DPR-RI

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.