Menu Click to open Menus
Home » Hukrim » Presiden Jokowi Divonis Melakukan Perbuatan Melawan Hukum Atas Gugatan Warga!! Ini Hukumannya

Presiden Jokowi Divonis Melakukan Perbuatan Melawan Hukum Atas Gugatan Warga!! Ini Hukumannya

(163 Views) Agustus 23, 2018 4:10 am | Published by | No comment

AWASNEWS.COMPengadilan Tinggi Palangkaraya menyatakan, presiden Jokowi (Jokowidodo) terbukti melakukan perbuatan melawan hukum (PMH) atas gugatan Arie Rompas, Kartika Sari, Fatkhurrohman, Afandi, Herlina, Nordin, dan Mariaty.

Mereka mengatasnamakan kelompok masyarakat arau warga negara yang melakukan gugatan Class Action pada Penyelenggara Negara (Presiden). Karena pemerintah dianggap gagal atasi kebakaran hutan dan lahan.

Adapun para tergugat diantaranya ialah, Presiden RI, Menteri Lingkungan Hidup, Menteri Pertanian, Menteri Agraria, Menteri Kesehatan, Gubernur dan DPD Kalteng.

Perbuatan melawan hukum yang dimaksud adalah terkait kasus kebakaran hutan dan lahan (Karhuta). Atas vonis hakim tersebut, Jokowi dkk dihukum untuk segera membuat Peraturan Pemerintah (PP) tentang kebakaran hutan.

” Menyatakan para tergugat telah melakukan Perbuatan Melawan Hukum. Menghukum Tergugat I (Presiden) untuk menerbitkan Peraturan pelaksana dari Undang-Undang Nomor 32 Tahun 2009 tentang Perlindungan dan Pengelolaan Lingkungan Hidup, yang penting bagi pencegahan dan penanggulangan kebakaran hutan dan lahan, dengan melibatkan peran serta masyarakat.” Bunyi amar putusan Pada 22 Maret 2017.

Atas putusan tersebut, Jokowi dkk lalu mengajukan upaya hukum banding. Namun PT Palangkaraya malah menguatkan putusan PN Palangkaraya.

“Mengadili, menguatkan Putusan Pengadilan Negeri Palangkaraya Nomor 118/Pdt.G.LH/ 2016/PN.Plk tanggal 22 Maret 2017,” demikian kutipan yang dilansir website Mahkamah Agung (MA), Rabu (22/8).

Putusan itu diketok oleh Ketua Majelis Hakim Setyaningsih Wijaya dengan anggota Bambang Kustopo dan Pudji Tri Rahadi.

Berdasarkan informasi yang didapatkan, Jokowi dkk masih tidak terima dengan putusan Pengadilan Tinggi Palangkaraya, dan memutuskan melakukan perlawanan pada maayarakat berupa upaya hukum dengan mengajukan Kasasi.@J-1


Berita Terkait

No comment for Presiden Jokowi Divonis Melakukan Perbuatan Melawan Hukum Atas Gugatan Warga!! Ini Hukumannya

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.