Menu Click to open Menus
Home » Lintas Peristiwa » Dewan Pers Dorong Media Daftar Badan Hukum

Dewan Pers Dorong Media Daftar Badan Hukum

(67 Views) Agustus 24, 2018 8:23 pm | Published by | No comment

AWASNEWS.COM — Imam Wahyudi, anggota Dewan Pers mendorong agar media-media yang sudah ada segera mendaftar badan hukum sehingga dapat diakui sebagai perusahaan pers yang terverifikasi.

Menurut Imam, sesuai UU Pers nomor 40 tahun 1999, perusahaan pers harus berbentuk badan hukum. Dengan diakui sebagai perusahaan pers, maka segala perkara delik pers yang dialami perusahaan tersebut dapat diselesaikan dengan UU tersebut dan tidak dibawa ke ranah pidana.

Imam tak menyangkali bahwa ada jurnalis-jurnalis profesional dan independen yang kemudian menciptakan media sendiri dengan konten yang sudah memenuhi kriteria produk jurnalistik.

“Kalau seperti itu, kami sangat mendorong agar segera mengurus badan hukum. Gampang kok mengurusnya,” ujar Imam.

Dikesemoatan yang sama, Sekretaris Aliansi Jurnalis Independen (AJI) Surabaya, Eben Haezer berpendapat, munculnya media-media baru yang dikelola secara indie oleh para jurnalis profesional merupakan hal yang lumrah terjadi seiring dengan pertumbuhan teknologi informasi.

Tak cuma oleh pertumbuhan teknologi informasi dan komunikasi, kemunculan-kemunculan media baru ini, harus diakui juga, didorong oleh ketidakpuasan para jurnalis tersebut terhadap independensi di perusahaan media tempat mereka berkarya.

Eben menambahkan, di AJI sendiri pada 2017 telah muncul sebuah komunitas beranggotakan jurnalis-jurnalis profesional yang mengembangkan media alternatif masing-masing sebagai respons terhadap pragmatisme perusahaan media.

Dewan Pers, lanjutnya, tak bisa menutup mata terhadap keberadaan komunitas-komunitas tersebut.

“Perlu sekali untuk media-media tersebut agar mendapat perlindungan hukum. Kalau produk mereka tidak diakui sebagai produk jurnalistik hanya karena medianya bukan perusahaan pers, maka mereka bisa saja terkena pasal di UU ITE yang memuat sanksi pidana,” kata Eben.

“Jadi persoalannya bukan lagi cuma tentang status badan hukum media, tetapi juga perlu diperjuangkan agar peraturan-peraturan yang ada, yang terkait dengan media, bisa sesuai dengan konteks masyarakat di saat ini. Karena bisa saja sebuah perusahaan pers punya badan hukum, tetapi dalam menjalankan fungsi pers, mereka justru melanggar etik,” pungkasnya@ [J-N]

SURYA|


Berita Terkait

No comment for Dewan Pers Dorong Media Daftar Badan Hukum

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.