Menu Click to open Menus
Home » Daerah » PT RANDU DAN PD SUMEKAR SELALU MEMBERIKAN YANG TERBAIK UNTUK KONSUMENNYA

PT RANDU DAN PD SUMEKAR SELALU MEMBERIKAN YANG TERBAIK UNTUK KONSUMENNYA

(151 Views) September 2, 2018 3:21 pm | Published by | No comment

Sumenep, Awasnews.com :Pasca dikeluarkannya Surat Edaran Himbauan untuk menempati rumah KPR bersubsidi oleh BTN tertanggal 22 Agustus 2018 di Kabupaten Sumenep rupanya tidak memicu kepanikan User yang belum menempati rumah dimaksud, alasan yang disampaikan tidak ditempatinya rumah tersebut bukan karena sejumlah fasilitas Perumahan seperti Dapur, Pagar, Jalan, dan Drainase yang belum selesai dikerjakan oleh Developer.

Seperti disampaikan oleh NIS salah satu User Perum Randu Permai II , bahwa dapur memang tidak disediakan  dalam perjanjian pembelian rumah.Selain itu, tidak ditempati rumahnya karena masih dilakukan perbaikan atas kondisi rumahnya oleh pihak perusahaan berdasarkan komplain yang diajukan.

User diberikan form komplain dan disuruh cek kembali kondisi rumah kepada User. Apabila memang ditemukan kontruksi bangunan yang tidak sesuai, atau ada keretakan dinding maka form komplain itu diisi dan diserahkan kembali ke perusahan untuk ditindaklanjuti. Karena ada  garansi bangunan dari perusahaan selama satu tahun.

” Kami merasa sangat terbantu dengan adanya Perum Randu Permai II, DPnya murah, cicilannya juga flat tidak mengikuti suku bunga. DPnya Rp.8.000.000 dengan cicilan Rp 769.000 / bulan.

Disamping itu juga melayani dan merespon keluhan kami atas kondisi bangunan, misalnya pintu dan kerusakan plester dinding. Kami akan menempati rumah setelah perbaikan ini selesai yang masih proses ini’ tandasnya, Kamis, 23/08/2018.

Menurut NIS dan beberapa User yang kami temui di lapangan menyadari, terkait  soal selokan dan pembangunan jalan yang belum selesai merupakan sesuatu yang wajar. Hal ini dikarenakan masih proses pembangunan. Masih banyak alat berat yang lalu lalang untuk mengangkut material bangunan. Apabila jalan dibangun tentunya akan rusak lagi, karena masih dilewati kendaraan yang mengangkut material.

“ Toh walaupun jalan belum selesai dibangun masih bisa dilewati ,”sela Mahfud salah satu User.

Untuk drainase, walaupun belum ada drainase rumah itu masih bisa digunakan, karena konsep bangunan Perum Randu Permai II ini yakni rumah ramah lingkungan dan bebas banjir. Setiap unit rumah itu telah disiapkan sumur resapan untuk menampung air limbah kamar mandi dan dapur, baru ketika sumur resapannya penuh, air itu mengalir ke selokan.

“Itupun akan penuh ketika debet air banyak yang diakibatkan hujan terus menerus” ungkap Mahfud menegaskan.

Guna memastikan dan memperoleh keterangan lebih lengkap, awak media meninjau ke lokasi Perum Randu Permai II, ditemui oleh Kasubbag Administrasi dan Keuangan PD Sumekar.

Ach. Junaidi ketika dikonfirmasi di kantornya menyampaikan bahwa proses dan pembangunan Perum Randu Permai II sudah sesuai dengan ketentuan baik dispesifikasi maupun di proses KPRnya.

“Bahwa form komplaim merupakan dasar yang akan diberikan kepada pelaksana teknis untuk menyelesaikan persoalan sesuai dengan aduan User Perumahan Randu Permai II,”kata alumni PMII ini.

Dijelaskannya, bahwa setelah kondisi bangunan dianggap selesai oleh tim lapangan, mengajukan Akad Kredit ke BTN melalui surat, 1 hari sebelumnya, pihak BTN melakukan LPA ke rumah-rumah yang hendak dilakukan Akad Kredit apakah sudah sesuai dengan ketentuan dan standarisasi KPR Subsidi type 36.

Selama ini, hasil LPA pihak BTN sudah layak untuk direalisasi. Setelah akad di BTN selesai, User diberikan form komplain dan disuruh cek kembali kondisi rumah kepada User. Apabila memang ditemukan kontruksi bangunan yang tidak sesuai, atau ada keretakan dinding maka form komplain itu diisi dan diserahkan kembali ke perusahan untuk ditindaklanjuti.” Karena garansi bangunan dari perusahaan selama satu tahun,” ungkap Ah. Junaidi saat ditemui di Kantor PD Sumekar, Sumenep, Kamis (23/08/2018).

Soal keluhan user terkait  dengan kondisi bangunan yang retak, Jun sapaan akrabnya mempersilahkan untuk mengadukan kepada perusahaan untuk segera ditindaklanjuti mumpung masih ada garansi 1 tahun.

“Karena perusahaan sudah berkomitmen bahwa minimal satu tahun sejak rumah ditempati, User tidak lagi terbebani biaya renovasi,” tegasnya.

Masih kata Jun, beberapa hal terkait dengan konsumen yang menggunakan uang pribadi untuk pembelian alat bangunan seperti kayu dan keramik yang bawa sendiri, Junaidi kembali menegaskan bahwa perusahaan akan mengembalikan sesuai yang sudah distandartkan diawal.

Untuk pengembalian bahan seperti pintu, kusen, jendela dan keramik akan langsung dikembalikan pada saat penandatanganan persetujuan bangunan. Bahkan ada yang langsung dipotong pada pembiayaan tambahan bangunan. Kecuali, ada user yang melakukan perubahan dilapangan tanpa konfirmasi keperusahaan, misalnya di skets persetujuan pintu dan keramik tidak bawa sendiri, akan tetapi ketika dilapangan ada perubahan bawa sendiri, setelah dipastikan Perum tidak mempunyai data itu, Pihak Perusahaan akan menyampaikan di group WA PRP II, “ Agar supaya setiap ada perubahan dan tambahan untuk dikomunikasikan dengan kita,” jelas Junaidi.

Untuk Surat Edaran (SE) Bank BTN Cabang Bangkalan bahwa konsumen diminta segera menempati rumah bersubsidi paling lambat tanggal 31 September 2018. Apabila dalam batas waktu tersebut belum ditempati, BTN akan mencabut subsidi yang sudah diberikan kepada user. Jun juga menegaskan bahwa jika ada user yang dicabut subsidinya karena kesalahan Perusahaan, perusahaan akan bertanggungjawab sepenuhnya dan mengganti rugi sesuai dengan nominal kerugian yang dialami oleh User Perum Randu Permai II.

” Jika ada User Perum Randu Permai II yang dicabut subsidinya karena kesalahan Perusahaan, kita bertanggungjawab sepenuhnya dan akan mengganti rugi sesuai kerugian yang dialami User. Jadi tolong bagi user untuk dapat menjalin komunikasi intensif dengan kita dan segera menempati rumahnya masingn masing, “tandasnya.

Supardi Kasubag Operasional dan Perencanaan PT Randu dan PD Sumekar juga menyampaikan terkait penyediakan rumah tidak terbatas kepada warga yang mendapat subsidi atau yang mengajukan subsidi.

“ Sebagai Pengusaha Properti kami melakukan penjualan rumah, tidak terbatas kepada kelompok masyarakat tertentu, bagi pembeli yang berdasarkan subsidi tentu kami arahkan sesuai dengan S.O.Pnya.”demikian kata Supardi dalam penjelasannya. (Tim Media)


Categorised in: , ,

No comment for PT RANDU DAN PD SUMEKAR SELALU MEMBERIKAN YANG TERBAIK UNTUK KONSUMENNYA

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.