Menu Click to open Menus
Home » Daerah » Pelatihan Ketrampilan Sablon dan Lukis Kain

Pelatihan Ketrampilan Sablon dan Lukis Kain

(82 Views) September 5, 2018 4:47 am | Published by | No comment

Kepala Disperdagkop dan UM Kabupaten Madiun Anang didampingi narasumber membuka pelatihan sablon

Awasnews.com, MADIUN – Terkait maraknya dunia usaha saat ini Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Madiun melalui Dinas Perdagangan, Koperasi dan Usaha Mikro Kabupaten Madiun mengadakan kegiatan ” Pembinaan dan Pelatihan Ketrampilan Kerja Bagi Tenaga Kerja dan Masyarakat.” Dengan Pelatihan Ketrampilan Sablon dan Lukis Kain, bertempat di Hotel Setia Budi, Jalan Mangga no 4 Kota Madiun Jawa Timur, Senin (3/9/18).

Kegiatan pelatihan diadakan selama tiga hari, mulai tanggal 3-5 September 2018 dengan peserta dari karangtaruna, UMKM, dari 15 Kecamatan se-Kabupaten Madiun sebanyak 60 orang yang tersebar di Kabupaten Madiun, dengan narasumber dari Universitas Merdeka (Unmer) Madiun (Mohamad Imron) dan LPMPK (Lembaga Pelatihan Masyarakat Potensi Kreatif) dari Surabaya.

Kepala Seksi (Kasi) Usaha Mikro Muklis dalam laporannya menyampaikan,” pelaksanaan pelatihan sablon dan lukis kain berdasarkan UU nomor 20 Tahun 2008 tentang UMKM pada pasal 5 disebutkan, tujuan dari pemberdayaan UMKM,” sbb : Satu mewujudkan struktur perekonomian Nasional yang seimbang dan berkualitas serta berkeadilan, kedua menumbuhkan dan mengembangkan kemampuan usaha UMKM menjadi usaha yang tangguh dan mandiri. Ketiga meningkatkan peran usaha UMKM dalam Pembangunan Daerah, menciptakan lapangan kerja, pembinaan pemerataan pendapatan pertumbuhan ekonomi dan pementasan kemiskinan.

Lanjut Muklis,” peserta pelatihan dari pelaku usaha mikro yang tersebar di Kabupaten Madiun berjumlah 60 orang, terdiri dari asosiasi Ayuntum 12 orang, UMKM 12 orang, IKM 12 orang. Desa Tapelan 7 Orang, Desa Warukrejo 6 orang, Desa Kresek 3 orang, Desa Bacem 4 orang, Desa Kranggan 1 orang, Desa Luworo Pulangkenceng 1 orang dan Desa Karangmojo Dagangan 2 orang, dengan sumber dana dari bagi hasil cukai,” terangnya.

Kepala Disperdagkop dan UM Kabupaten Madiun Anang dalam sambutannya mengatakan,” bahwa kegiatan ini untuk mencetak kegiatan baru di desa, dimana peserta datang mengikuti pelatihan dengan membawa mimpi untuk investasi kedepan, sehingga peserta pelatihan nantinya bisa mencetak sablon kaos untuk di jual di tempat wisata,” jelasnya.

Anang menambahkan,” pihaknya Dinas Perdagangan akan menfasilitasi tempat jualan, dimana bisa menciptakan pasar baru untuk produk kaos. Buat souvenir limbah kayu yang disablon bisa dipasarkan, peserta bisa berinovasi manfaatkan teknologi yang ada saat ini untuk memasarkan produk sablon melalui on line,” tandasnya.

Kegiatan ini kedepan akan digeser ke Umbul atau Saradan Widas dengan tujuan agar PAD bisa masuk ke Kabupaten Madiun,” banyak potensi desa yang bisa digunakan sebagai ikon sablon, prinsip kita adalah ” Time Work ” (Kerja Kelompok) dan Dinas akan mewadahi masukan dari peserta pelatihan,” pungkasnya. (Ben).


Tags: ,
Categorised in:

No comment for Pelatihan Ketrampilan Sablon dan Lukis Kain

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.