Menu Click to open Menus
Home » Daerah » ” Rakor Persiapan Verifikasi Kabupaten/Kota Sehat Tahun 2018 Tingkat Provinsi “

” Rakor Persiapan Verifikasi Kabupaten/Kota Sehat Tahun 2018 Tingkat Provinsi “

(207 Views) September 5, 2018 1:29 pm | Published by | No comment

 

Plt sekretaris Bappeda Kabupaten Madiun membuka rapat verifikasi Kabupaten/Kota Sehat Tahun 2018

Awasnews.com, MADIUN – Terkait Peraturan Bersama Menteri Dalam Negeri dan Menteri Kesehatan Nomor 34 Tahun 2005 dan Nomor 1138/MenKes/PB/VIII/2005 tentang Pedoman Penyelenggaraan Kabupaten/Kota Sehat, dimana pada Tahun 2017 dilakukan Verifikasi tingkat Nasional yang diusulkan oleh Provinsi.

Untuk itu Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Madiun melalui Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) berdasarkan Surat dari Bappeda Provinsi Nomor 072/8586/201.4/2018 tanggal 27 Agustus 2018 perihal Rencana Verifikasi Lapangan Kabupaten/Kota Sehat (KKS) Tahun 2018, yang diadakan di Ruang Rapat Utama Bappeda Kabupaten Madiun, Senin (3/9/18).

Dimana Rakor dibuka oleh Plt.Sekretaris Bappeda, hadir juga Ketua Forum Kabupaten/Kota Sehat Afri Handoko, Retno Iswati dari Akademisi Universitas Merdeka (Unmer) Madiun, OPD terkait, Kecamatan dan Anggota Forum Kabupaten/Kota Sehat.

Dalam Verifikasi Lapangan ini merupakan penilaian, apakah Kabupaten Madiun lolos verifikasi Kabupaten/Kota Sehat tingkat Provinsi melalui bedah dokumen Kabupaten/Kota Sehat dan Verifikasi lapangan. Verifikasi Program Kabupaten/Kota Sehat Tahun 2018 Kabupaten Madiun meningkat dari empat (4) Tatanan menjadi lima(5) Tatanan Kabupaten/Kota Sehat, untuk mendapatkan penghargaan Swasti Saba Wistara yaitu, (a) Kawasan Pemukiman, Sarana dan Prasarana Sehat, (b) Ketahanan Pangan dan Gizi, (c) Kehidupan Masyarakat Sehat yang Mandiri (d) Kehidupan Sosial yang Sehat dan (e) Kawasan Pariwisata Sehat.

Setelah lolos bedah dokumen dilanjutkan verifikasi lapangan pada tanggal 27 September 2018, rencana titik pantau yang dikunjungi tim verifikasi Kabupaten/Kota Sehat Provinsi Jawa Timur, diantaranya, Desa berseri (Desa Simo Kecamatan Balerejo), Desa Sehat (Desa Jerukgulung Kecamatan Balerejo), Desa Tanggap Bencana (Desa Mendak Kecamatan Dagangan, Desa Glonggong Kecamatan Balerejo), Desa Wisata (Gligi Firest Park Desa Kepel Kecamatan Kare, Watu Rumpuk Desa Mendak Kecamatan Dagangan.

Setelah lolos verifikasi lapangan akan mendapatkan penghargaan lolos verifikasi tingkat Provinsi Jawa Timur yang diberikan bersamaan dengan Hari Jadi Provinsi Jawa Timur, dan berhak mengikuti verifikasi Kabupaten/Kota tingkat Pusat pada Tahun 2019. Sehubungan dengan hal tersebut, diharapkan OPD-OPD terkait untuk segera menetapkan titik pantau dari masing-masing Tatanan sesuai dengan Tupoksinya dan melakukan pembinaan. (Ben).


Categorised in:

No comment for ” Rakor Persiapan Verifikasi Kabupaten/Kota Sehat Tahun 2018 Tingkat Provinsi “

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.