Menu Click to open Menus
Home » Pendidikan » Belajar di Pantai Talang Siring, Anak Didik TK Cempaka 1 Diajar Mengenal Alam

Belajar di Pantai Talang Siring, Anak Didik TK Cempaka 1 Diajar Mengenal Alam

(159 Views) September 18, 2018 2:15 am | Published by | No comment

AWASNEWS.COM. Belajar di luar kelas memang tak hanya menyenangkan, tapi juga lebih efektif bagi siswa. Mereka ke sana bukan sekadar wisata, tapi bertujuan edukati karena anak didiknya dikenalkan lingkungan baru, termasuk pantai. Itu sebabnya, keluarga besar TK Cempaka 1 Desa Larangan Dalam, Kecamatan Larangan, Kabupaten Pamekasan, Madura, Jawa Timur pagi ini berkunjung ke Pantai Talang Siring. (18/09).

Kepala TK Cempaka 1 Suhartini,S.Pd. mengatakan, proses pembelajaran yang diterapkan di TK yang dipimpinnya, bukan saja di kelas, tapi juga di alam terbuka. Dimana, tujuannya mengenalkan pada anak-anak tentang alam yang diciptakan Tuhan. Sehingga, sensor motorik anak bisa lebih berkembang. Mereka bisa lebih mengenal, apa yang selama ini belum mereka lihat.

“Ini metode pembelajaran langsung di alam terbuka. Kami ingin anak-anak lebih mengenal alam. Dengan begitu, mereka tidak bosan dalam belajar. Karena mereka ini kan masih usia dini, jadi masih belum bisa full belajar sesuai keinginan kita. Sekalian rekreasi juga,” katanya.

Suhartini menambahkan, sesekali murid memang perlu diberi penambahan wawasan di luar ruangan, sehingga nantinya mereka bisa tahu apa saja yang bisa dilihat dan dilakukan selama rekreasi. kegiatan puncak tema rekreasi itu bertujuan memberikan pemahaman kepada murid dengan cara menyaksikan langsung alam sekitar.

“Kita sengaja kunjungi tempat wisata agar supaya murid bisa menyaksikan langsung dan mudah meyerap untuk mengetahui alam sekitar, kegiatan ini merupakan kegiatan yang positif bagi anak dan sekaligus menambah wawasan anak-anak di bawah lima tahun dalam menjalani proses belajar di luar ruangan,” ujarnya menambahkan.

Di tempat terpisah, orang tua murid TK Cempaka 1 Siti Sulaihah menyambut baik kegiatan yang digagas pihak TK Cempaka 1 Larangan Dalam. Menurutnya, kegiatan semacam itu bertujuan sangat baik. Sebab anak-anak lebih mengenal alamnya bersama teman-temannya. Mereka tidak saja asyik dengan dunianya. Hal berbeda tentu saja ketika hanya bersama keluarganya ke pantai.

“Tentunya, kami sangat mendukung kegiatan ini. Sebagai orangtua, kami juga tidak was-was membolehkan anak-anak ke pantai, karena semua orangtua murid diwajibkan mendampingi anaknya,”

Kegiatan yang diikuti puluhan peserta ini diharapkan mampu meningkatkan kepekaan serta kemampuan siswa terkait kehidupan alam yang ada disekitar. Lebih menyenangkannya lagi, para siswa belajar lebih tenang dan senang tanpa adanya beban dan perasaan belajar. Karena belajar dilakukan leboh menyenangkan.(Al/Bm/Mz)


Berita Terkait

No comment for Belajar di Pantai Talang Siring, Anak Didik TK Cempaka 1 Diajar Mengenal Alam

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.