Menu Click to open Menus
Home » Hukrim » PT DAMAI PUTRA GROUP – DELTASARI WARU DIDUGA MAKAN FASUM DAN TANAH MAKAM WARGA 6,87 Ha

PT DAMAI PUTRA GROUP – DELTASARI WARU DIDUGA MAKAN FASUM DAN TANAH MAKAM WARGA 6,87 Ha

(209 Views) September 18, 2018 5:06 pm | Published by | No comment

Sidoarjo awasnews.com – Gejolak antara warga dan PT. Damai Putra Group semakin memanas sejak bulan maret 2018. Sebenarnya warga sudah mengajukan usulan 5 yahun yang lalu atas hak warga terhadap fasum dan tanah makam warga di perumahan deltasari. Warga memintah fasum itu disediakan oleh pengembang sebab warga mengacu kepada UU dan Perbup no 44/2011. Namun usulan warga tidak pernah digubris sama sekali, maka warga tetap bersih kukuh melanjutkan kerana hukum demi kepentingan Hak warga perum Deltasari, pungkas warga deltasari (N). -Senin (17/09)

Sebetulnya kewajiban pengembang perumahan untuk menyediakan tempat pemakaman diatur juga dalam Peraturan Daerah (PERDA). Hal ini dapat dilihat dalam Peraturan Bupati Sidoarjo No. 44 tahun 2011 tentang “Kewajiban Pengembang Perumahan Menyediakan Tanah Makam” Pasal 1: mengatakan bahwa: ‚ÄúSetiap pengembang perumahan wajib menyediakan tanah makam. Luas tanah makam tersebut adalah 2% dari luas perumahan yang tercantum dalam Keputusan Bupati Sidoarjo terkait persetujuan rencana tapak (site plan) perumahan tersebut.” Sedangkan tanah makam dan fasum hanya 800m2 utk perum deltasari baru sebelah timur dan deltasari indah -/+ 1 Ha. Fasum 40% dari luas aarea perum deltasari hilang 3 Ha, skrg sisa kurang dari 2 Ha, ini yang dipertanyakan oleh warga kepada pengembang, ungkap (N)

Selain dalam PP No. 9/1987, penyedia pemakaman juga diatur dalam Peraturan Menteri Dalam Negeri No. 9 tahun 2009 tentang Pedoman Penyerahan Prasarana, Sarana, dan Utilitas Perumahan dan Pemukiman di Daerah (Permendag 9/2009). Berdasarkan pasal 7 jo. Pasal 4 Permendag 9/2009, pemukiman dan perumahan dilengkapi dengan prasarana, sarana, dan utilitas. Yang dimaksud dengan perumahan dan pemukiman adalah perumahan yang bersusun dan perumahan susun.

Yang termasuk sarana perumahan dan pemukiman yaitu:
1. Sarana Perniagaan / Perbelanjaan;
2. Sarana pelayanan umum dan pemerintahan;
3. Sarana pendidikan;
4. Sarana kesehatan;
5. Sarana peribadatan;
6. Sarana rekreasi dan olah raga;
7. Sarana pemakaman;
8. Sarana pertamanan dan ruang terbuka hijau;
9. Sarana parkir.

Perkara ini sudah masuk ke tingkat DPRD Tk I dan proses hukum berjalan di POLDA Jawa Timur hingga sekarang. Meskipun demikian warga tetap menjunjung tinggi hukum yang berlaku dan akan tetap menunggu perkembangan dari Kepolisian hasil akhir yang baik untuk warga perum deltasari waru sidoarjo. Dan kami warga perum deltasari tetap akan memperjuangkan hak – hak kami atas fasum dan tanah makam di perum deltasari tanpa melakukan anarkisme dari warga, kami mengutuk keras perbuatan anarkisme di perum deltasari, tutup (N) warga perumahan deltasari waru sidoarjo. – (bersambug) @Rs


Categorised in:

No comment for PT DAMAI PUTRA GROUP – DELTASARI WARU DIDUGA MAKAN FASUM DAN TANAH MAKAM WARGA 6,87 Ha

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.