Menu Click to open Menus
Home » Daerah » BNNK Sosialisasi Inpres No 6 Tahun 2018 *Rekrut Sekretaris OPD Sebagai Pengiat Anti Narkoba

BNNK Sosialisasi Inpres No 6 Tahun 2018 *Rekrut Sekretaris OPD Sebagai Pengiat Anti Narkoba

(116 Views) September 20, 2018 2:58 pm | Published by | No comment


AWAS NEWS.COM MUSI RAWAS- Badan Narkotika Nasional Kabupaten Musi Rawas (BNNK Mura), Kamis (20/9) mensosialisasikan Instruksi Presiden Republik Indonesia (Inpres RI) nomor 6 Tahun 2018, tentang rencana aksi nasional pencegahan, dan pemberantasan penyalahgunaan dan peredaran gelap narkotika serta prokursor narkotika tahun 2018-2019, di lingkungan instansi Pemerintah Kabupaten Musi Rawas (Pemkab Mura).

Kegiatan berlangsung di Opproom Hotel Amazing Lubuklinggau, dengan melibatkan seluruh sekretaris Organisasi Perangkat Daerah (OPD) di lingkungan Pemkab Mura. Tak hanya itu, dimana sekretaris tersebut juga direkrut untuk menjadi pengiat anti narkoba.

Kepala BNNK Mura Hendra Amoer mengatakan, kegiatan ini merupakan bentuk sosialisasi tentang, antisipasi penyalahgunaan dan peredaran narkoba di lingkungan instansi Pemkab Mura, karena selama ini masih ada beberapa pegawai di OPD yang belum paham terkait dengan Pencegahan, pemberantasan, penyalahgunaan dan Peredaran Gelap Narkoba (P4GN).

Bahkan hal itu juga sesuai dengan, surat edaran Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi, nomor 50 tahun 2017 tentang pelaksanaan pencegahan dan pemberantasan penyalahgunaan dan peredaran gelap narkotika dan prekursor narkotika di lingkungan instansi pemerintah.

“Dimana SE tersebut Menindaklanjuti Nota Kesepahaman antara Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi dengan Badan Narkotika Nasional tanggal 8 Mei Tahun 2017 Nomor MoU/25/M.KS.00/2017 dan Nomor NK/25N12017IBN,” kata Hendra Amoer, dalam penyampaiannya.

Selain itu sambung ia, dalam SE tersebut pihaknya diminta untuk melakukan sosialisasi dan penyebaran informasi P4GN, kepada seluruh pegawai dan ASN, dan Melaksanakan tes urine, serta pembentukan satuan tugas atau relawan anti narkoba di masing-masing instansi Pemkab Mura.

“Namun yang lebih ditekankan, dalam kegiatan ini yakni terkait dengan Inpres nomor 6 tahun 2018, tentang rencana aksi nasional pencegahan, dan pemberantasan penyalahgunaan dan peredaran gelap narkotika serta prokursor narkotika tahun 2018-2019,” ucapnya.

Dikatakannya, namun dirinya berharap implementasi keduanya, baik SE maupun Inpres tersebut, dapat benar-benar dijalankan. Sehingga akan mendukung dan sejalan dengan program pemerintah, guna mewujudkan Mura Sempurna

“Output kegiatan ini, nantinya akan didaulat sebagai pengiat anti narkoba, yang diharapkan bisa merekrut dan mengajak pegawainya yang lain untuk sama-sama memerangi narkoba di instansi masing-masing hingga ke lingkungan sekitar,” ungkapnya.

Selain itu sambung ia, kegiatan ini juga untuk meningkatkan sinergisitas yang selama ini belum terbangun dan belum satu visi yang sama. Sebab masyarakat kita masih beranggapan bahwa narkoba adalah masalah pribadi. Hal itu tentunya akan menjadi peluang para bandar untuk masuk ditengah-tengah masyarakat.

“Terbukti saat ini peredaran narkoba sudah menjalar bukan hanya di masyarakat pedesaan, juga di lingkungan ASN, pejabat dan petugas. Giat ini juga upaya untuk pengembangan kapasitas di instansi pemerintah, tujuannya terbentuknya sinegrisitas atau advokasi pemerintahan dalam pelaksnaan program P4GN,” imbuhnya.
Sebab menurutnya, pemberantasan peredaran dan penyalahgunaan narkoba tidak bisa dilakukan, hanya oleh satu instansi saja. Maka harus melibatkan seluruh komponen, termasuk instansi pemerintahan.

“Untuk itu, dalam kegiatan ini kita mengundang sekretaris masing-masing OPD, dengan harapan nantinya usai kegiatan ini bisa menyampaikan informasi tersebut kepada pengambil kebijakan, dan kita juga jadikan peserta sosailisasi sebagai pengiat anti narkoba,” pungkasnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Mura Hj Mipta Hulummi, melalui Sekretaris M Nizar, yang juga sebagai peserta mengaku, bahwa pihaknya mendukung dengan adanya program untuk merekrut pengiat anti narkoba di setiap Instansi di lingkungan Pemkab Mura.
“Hal itu sangat penting, karena ini langkah awal dalam melakukan pencegahan dan pemberantasan penyalahgunaan narkoba, khususnya di lingkungan instansi masing-masing. Sehingga akan terciptanya sumber daya manusia yang cerdas dan baik, yang tentunya tidak menjadi korban penyalahgunaan narkoba,” tutupnya. (Rilis* Ben* Editor* Ledy)


This post was written by Andi Lady
About

Andiledy lahir581988lubuklinggausumsel

Categorised in:

No comment for BNNK Sosialisasi Inpres No 6 Tahun 2018 *Rekrut Sekretaris OPD Sebagai Pengiat Anti Narkoba

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.