Menu Click to open Menus
Home » Hukrim » Kanjeng Dimas Sebut Maha Gurunya Nilainya Sepadan Dengan Uang Rp. 35 Miliar

Kanjeng Dimas Sebut Maha Gurunya Nilainya Sepadan Dengan Uang Rp. 35 Miliar

(47 Views) September 26, 2018 7:24 am | Published by | No comment

AWASNEWS.COM – Kanjeng Dimas Taat Pribadi, terdakwa kasus tipu gelap yang mengklaim mampu menggandakan uang, akhirnya mengakui bahwa ia telah menerima uang milik saksi pelapor, Muhamad Ali kurang lebih sekitar 13 miliar.

Hal itu terungkap saat Kanjeng Dimas (KD) menjalani sidang dengan agenda pemeriksaan terdakwa di ruang Garuda 1, Pengadilan Negeri (PN) Surabaya, Rabu (26/9).

” kira-kira 13 miliar lah, bukan yang kata Ali (saksi pelapor ) bilang 35 itu.” ujar Kanjeng Dimas menjawab pertanyaan Jaksa Penuntut Umum (JPU) Rachmat Hari Basuki.

Menurut Kanjeng Dimas, dirinya mengaku awal mula perkara ini adalah ketika M. Ali mendatanginya dan menyatakan ingin melakukan kerjasama.

Ali kemudian memberikan uang Rp. 35 miliar yang katanya digunakan oleh yayasan milik terdakwa untuk menjalankan program yayasan terkait kemaslahatan umat.

Program kemaslahatan umat yang dimaksud Dimas Kanjeng, adalah berupa proyek pembangunan Rumah Sakit, Panti asuhan, dan lain-lain yang pada intinya bersifat sosial religius.

Setelah menyerahkan uang yang dimaksud, Ali lantas meminta jaminan pada Kanjeng Dimas.

Kanjeng Dimas lalu menyanggupinya dengan memberikan Jaminan berupa mata uang Zimbabwe. Namun naas, mata uang tersebut tidak dapat dipergunakan atau sudah tidak berlaku.

Selain memberikan jaminan uang yang tak memiliki nilai, kanjeng Dimas juga memberikan sebuah jaminan unik, yang tak lain adalah yang disebut sebagai Maha Gurunya sendiri, yakni Abah Kertonegoro.

Menurut Kanjeng Dimas, Abah Kertonegoro itu nilainya sepadan dengan uang Rp. 35 Miliar.

Terdakwa dalam pengakuannya mengatakan sempat melarang M. Ali untuk membuka koper yang diberikan hingga sampai dengan masa waktu yang telah ditentukan.

Alasan terdakwa, apabila koper itu dibuka sebelum waktunya, uang yang diinginkan M. Ali tidak bakal berhasil digandakan.

Merasa dikibuli, M Ali lalu melaporkan Dimas Kanjeng ke Polisi.

Lebih lanjut, terdakwa mengatakan bahwa dirinya sudah mengembalikan sebagian uang yang diberikan Ali kepadanya sebesar 4,5 miliar. Dan berjanji akan mengembalikan sisanya secara bertahap.

” Saya sudah kembalikan 4,5 miliar itu. Dan sekarang saya dalam tahap pengembalian sisanya. ” Papar Kanjeng Dimas saat diperiksa JPU.

Di akhir persidangan, Ketua Majelis Hakim Anne Rusiana menyarankan kepada terdakwa untuk segera mengembalikan uang milik pelapor dengan segera. Karena ini menyangkut tentang kemaslahatan masyarakat.

Ketika Hakim Anne menanyakan apakah terdakwa mengakui kesalahannya, setelah sempat ragu-ragu untuk menjawab akhirnya Kanjeng Dimas mengiyakan pertanyaan tersebut.

” Iya bu hakim, saya bersalah.” pungkas Kanjeng Dimas.

Sidang akhirnya ditunda Dua pekan, untuk JPU Hari Basuki membuat surat tuntutan kepada terdakwa.@ [Jun].


Berita Terkait

No comment for Kanjeng Dimas Sebut Maha Gurunya Nilainya Sepadan Dengan Uang Rp. 35 Miliar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.