Menu Click to open Menus
Home » Daerah » Pelatihan Ketrampilan Batik Tulis dan Pewarnaan

Pelatihan Ketrampilan Batik Tulis dan Pewarnaan

(65 Views) September 29, 2018 1:13 pm | Published by | No comment

 

 

 

Kabid Perindustrian Disperdagkop dan UM, Bambang Sudjijono, S.Sos, M.Si membuka Pelatihan Ketrampilan Batik Tulis dan Cap di Hotel Kalicatur

Awasnews.com, MADIUN – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Madiun melalui Dinas Perdagangan, Koperasi dan Usaha Mikro dalam hal ini Bidang Industri mengadakan Pelatihan Ketrampilan Batik Tulis Cap, yang diselenggarakan selama tiga hari terhitung dari hari Kamis – Sabtu, tanggal 6-8 September 2018 diadakan di Hotel Kalicatur desa Kaibon Kabupaten Madiun, Jawa Timur.

Hadir pada acara pelatihan ketrampilan Batik Tulis yang sekaligus membuka acara pelatihan Kepala Disperdagkop dan UM, Anang Sulistijono, S.Sos. M,Si yang diwakili oleh Kepala Bidang (Kabid) Perindustrian Disperdagkop dan UM Kabupaten Madiun, Bambang Sudjijono, S.Sos, M.Si di dampingi Kepala Seksi (Kasi) Usaha Industri, Dwi Sulistyorini, SE.

Dalam sambutannya, Kabid Perindustrian Bambang mengatakan, ” Bahwa dengan diadakan latihan Ketrampilan Batik Tulis dan Cap, nantinya ibu-ibu peserta pelatihan bisa mencetak usaha baru di desa dan membuka peluang lapangan kerja serta menambah perekonomian dalam keluarga,” terangnya. (6/9/18).

Bambang menambahkan,” pihaknya Disperdagkop dan UM nantinya akan menfasilitasi tempat atau kios ditempat pariwisata untuk bisa membantu bagi ibu-ibu yang hasil karya batik tulisnya layak untuk dipasarkan, bagi mereka yang hasil batiknya bagus dan berkualitas bisa di ikutkan lomba dari tingkat Kabupaten, Provinsi tidak menutup kemungkinan bisa ke tingkat Nasional,” jelasnya.

Secara terpisah narasumber untuk pelatihan ketrampilan batik tulis dan cap dari Jogjakarta, Supriyatno mengatakan,” bahwa saat ini saya akan membentuk SDM (Sumber Daya Manusia) dulu, pengalaman waktu di luar pulau Jawa sarana dan prasarana komplit tapi SDM nya masih belum siap akhirnya buang” biaya dan tenaga gak ada hasilnya,” terangnya.

Kalau untuk di Kabupaten Madiun menurut Supriyatno,” peserta pelatihan batik ada dari pemula dan juga banyak yang sudah bisa tinggal melanjutkan tinggal belajar tentang pewarnaan dalam membuat kain batik,” ada macam-macam jenisnya, dari bentuk natural (alami), klasik maupun yang abstrak,” , pungkasnya. ( Ben).


Categorised in:

No comment for Pelatihan Ketrampilan Batik Tulis dan Pewarnaan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.