Menu Click to open Menus
Home » Nasional » “Ring Of Fire” Indonesia Salah Satu Negara Rawan Bencana

“Ring Of Fire” Indonesia Salah Satu Negara Rawan Bencana

(102 Views) September 29, 2018 4:51 pm | Published by | No comment

AWASNEWS.COM — Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG), menenyarankan agar pemerintah daerah memanfaatkan peta geologi sebagai titik referensi untuk melaksanakan kebijakan pemanfaatan lahan dan pengembangan tata ruang, serta pembangunan infrastruktur yang tahan gempa.

“Kami berharap pemerintah daerah menggunakan peta [geologi] sebagai salah satu pertimbangan untuk perencanaan tata ruang di daerah masing-masing. Misalnya, jika ada kesalahan aktif di suatu area, jangan biarkan pembangunan gedung, ” kata kepala lembaga mitigasi gempa, Sri Hidayati, Sabtu (29/9).

Indonesia, yang diketahui duduk di atas apa yang disebut Ring of Fire, adalah salah satu negara paling rawan bencana di dunia.

Peta gempa nasional tahun 2017 mengungkapkan bahwa jumlah kesalahan aktif di seluruh negara telah meningkat dari 81 menjadi 295 sejak 2010.

Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi telah mengatakan bahwa patahan Palukoro yang memburuk telah memperkuat guncangan gempa berkekuatan 7,4 yang melanda Kabupaten Donggala di Sulawesi Tengah.

Patahannya adalah patahan di kerak bumi yang membentang dari Selat Makassar ke bagian utara Teluk Boni di Sulawesi bagian barat. Ini berjalan di bawah Pulau Sulawesi.

Pergeseran sesar diyakini telah memicu gempa besar yang melanda pada hari Jumat.

“Peta geologi Sulawesi Tengah terdiri dari bebatuan yang berusia antara 10.000 dan 1 juta tahun. Tapi itu jatuh membusuk, menyebabkan guncangan menjadi lebih kuat, ”kata Sri Hidayati.

Sri, yang terlibat dalam penyusunan Peta Gempa Indonesia 2017, mengatakan itu adalah kesalahan aktif dengan gerakan yang berkisar antara 30 dan 44 milimeter per tahun.

Dia menambahkan bahwa PVMBG telah mengirim peta gerakan tanah rawan ke pemerintah lokal nasional.@ [Nj]


Berita Terkait

Tags: , , ,
Categorised in:

No comment for “Ring Of Fire” Indonesia Salah Satu Negara Rawan Bencana

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.