Menu Click to open Menus
Home » Hukrim » Duduki Pengadilan, P3TB Tuntut Hakim Jatuhkan Vonis Tinggi Pada Henry J Gunawan

Duduki Pengadilan, P3TB Tuntut Hakim Jatuhkan Vonis Tinggi Pada Henry J Gunawan

(116 Views) Oktober 1, 2018 6:46 am | Published by | 1 Comment

AWASNEWS.COM — Ratusan masa aksi yang tergabung dalam Paguyuban Pedagang Pasar Turi Bersatu (P3TB) menduduki Pengadilan Negeri Surabaya, Senin pagi (1/10), pukul 10:00 WIB.

Mereka berorasi menuntut Majelis Hakim yang menangani perkara Henry J Gunawan, agar ia divonis dengan hukuman setinggi-tingginya.

Selain itu, mereka juga meminta agar Majelis hakim yang menangani perkara penipuan dan penggelapan ini agar jangan sampi dijadikan alat kepentingan terkait pengembalian uang pungutan dengan model konsinyasi.

“kami meminta agar hakim pemeriksa jangan mau dijadikan alat kepentingan dengan menerima titipan pengembalian uang pungutan (konsinyasi) tersebut.” Kata kordinator aksi Tri Yudi Efendi, Senin (1/10).

P3TB menilai kasus ini adalah murni pidana, dimana jaksa penuntut umum telah membuktikan perbuatan Henry selama persidangan dan menuntutnya dengan tuntutan selama 4 tahun penjara.

“Kasus pidana ini seakan-akan digiring ke arah perdata,dengan bukti adanya permohonan penitipan uang atau konsinyasi ke Hakim pemeriksa.” Papar Efendi.

Selama ini para pedagang pasar Turi merasa dikibuli oleh terdakwa Henry dan menderita selama bertahun-tahun. Untuk itu majelis hakim diharapkan tidak terpengaruh dengan manuver yang dilakukan terdakwa.

“Penderitaan kami ini sudah 12 tahun. jangan dikelabuhi dengan janji-janji seperti manuver yang dilakukan terdakwa Henry.” Terangnya.

Disisi lain P3TB juga menyayangkan perkataan kuasa hukum Henry J Gunawan, Yusril Ihza Mahendra. Yang menebar pernyataan akan mengembalikan aset Pasar Turi Pada Pemkot Surabaya.

P3TB menilai, hal itu hanyalah kamuflase untuk menggiring opini publik sebagai upaya untuk mencari simpati.

“karena sampai saat ini setelah kami cek ke pemkot Surabaya, ternyata tidak pernah ada informasi penyerahan aset yang disampaikan itu.” Imbuhnya.

Sebelum kasus ini mencuat kepermukaan, P3TB menyatakan sempat berkonsultasi dengan Yusril Ihza Mahendra.Saat itu Yusril menyatakan bersedia membela nasib para pedagang Pasar Turi.

“Tapi hanya karena rupiah yang diminta tidak bisa kami sediakan, Pak Yusril justru berpaling muka dan tega meninggalkan kami para pedagang Karena kami tidak mampu membayar.” Ungkap Salim Al-Jufri yang merupakan Ketua P3TB.

Namun, Yusril menampik semua pernyataan para pedagang itu, dengan mengatakan tidak pernah bertemu.

“Jangankan minta fee, bertemu saja tidak pernah, bisa saja mereka ngaku-ngaku,” kata Yusril.

Untuk mengembalikan ingatkan Yusril, P3TB membawa beberapa poster dan Baner saat menggelar aksi demo di PN Surabaya, (1/10/18).

Nmpak terpampang dengan jelas dalam Baner itu para pedagang pasar Turi berfoto dengan Yusril dikantornya.

Henry J Gunawan, bos PT Gala Bumi Perkasa dalam perkara ini didakwa pasal 378 KUHP tentang Penipuan dan pasal 372 tentang Penggelapan.

Perbuatan terdakwa Henry disebut merugikan pedagang Pasar Turi dengan total kerugian lebih dari Rp 1 miliar.

Kasus ini mencuat setelah pedagang Pasar Turi melaporkan Henry ke Polda Jatim pada Januari 2015. Mabes Polri lalu mengambil alih kasus tersebut.

Dalam laporan pedagang, Henry dilaporkan katena memungut biaya sertifikat hak milik atas kios pedagang Pasar Turi Surabaya. Sementara sampai saat ini para pedagang belum menerima sertifikat hak milik yang dimaksud.@ [Jn]


Berita Terkait

1 Komentar for Duduki Pengadilan, P3TB Tuntut Hakim Jatuhkan Vonis Tinggi Pada Henry J Gunawan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.