Menu Click to open Menus
Home » Hukrim » FPMB Dan P3TB Gelar Aksi Saat Sidang Henry J Gunawan

FPMB Dan P3TB Gelar Aksi Saat Sidang Henry J Gunawan

(34 Views) Oktober 2, 2018 8:51 am | Published by | No comment

AWASNEWS.COM — Belasan orang yang menamakan dirinya Forum Peduli Masyarakat Bawah (FPMB) kembali menggelar aksi unjuk rasa di pengadilan Negeri (PN) Surabaya, Senin sore (1/10) pukul 15:30 WIB.

Mereka menggelar aksi bersamaan dengan sidang penipuan dan penggelapan atas terdakwa Henry J Gunawan. Bos PT Gala Bumi Perkasa itu dinilai telah merugikan 12 pedagang pasar Turi Surabaya, dengan nilai kerugian mencapai 1 Miliar.

Unjuk rasa juga dilakukan oleh Paguyuban Pedagang Pasar Turi Bersatu (P3TB), ratusan massa itu menuntut majelis hakim menjantuhkan vonis seberat-beratnya pada terdakwa Henry J Gunawan.

Massa juga meminta agar Majelis hakim yang menangani perkara penipuan dan penggelapan ini agar jangan sampi dijadikan alat kepentingan terkait pengembalian uang pungutan dengan model konsinyasi yang dilakukan Henry J Gunawan

“kami meminta agar hakim pemeriksa jangan mau dijadikan alat kepentingan dengan menerima titipan pengembalian uang pungutan (konsinyasi) tersebut.” Kata kordinator aksi Tri Yudi Efendi, Senin (1/10).

P3TB menilai kasus ini adalah murni pidana, dimana jaksa penuntut umum telah membuktikan perbuatan Henry selama persidangan dan menuntutnya dengan tuntutan selama 4 tahun penjara.

“Kasus pidana ini seakan-akan digiring ke arah perdata,dengan bukti adanya permohonan penitipan uang atau konsinyasi ke Hakim pemeriksa.” Papar Efendi.

Dalam kasus ini, Henry J Gunawan, bos PT Gala Bumi Perkasa ini didakwa pasal 378 KUHP tentang Penipuan dan pasal 372 tentang Penggelapan.

Perbuatan terdakwa Henry disebut merugikan pedagang Pasar Turi dengan total kerugian lebih dari Rp 1 miliar.

Kasus ini mencuat setelah pedagang Pasar Turi melaporkan Henry ke Polda Jatim pada Januari 2015. Mabes Polri lalu mengambil alih kasus tersebut.

Dalam laporan pedagang, Henry dilaporkan karena memungut biaya sertifikat hak milik atas kios pedagang Pasar Turi Surabaya. Sementara sampai saat ini para pedagang belum menerima sertifikat hak milik yang dijanjikan terdakwa.@ [Jn]


Berita Terkait

Tags: ,
Categorised in:

No comment for FPMB Dan P3TB Gelar Aksi Saat Sidang Henry J Gunawan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.