Menu Click to open Menus
Home » Daerah » Pencabutan DPM Raskin 2016 di Nilai Sepihak,FPP dan Warga Desa Pademawu Barat Datangi Kantor Desa,

Pencabutan DPM Raskin 2016 di Nilai Sepihak,FPP dan Warga Desa Pademawu Barat Datangi Kantor Desa,

(63 Views) Oktober 4, 2018 1:39 pm | Published by | No comment

 

PAMEKASAN , Awas,news.com – Audiensi yang di lakukan Forum Pemuda Pademawu (FPP) beserta Warga Desa Pademawu Barat , Kecamatan Pademawu , Kabupaten Pamekasan,Jawa Timur, yang bertempat di kantor Desa Pademawu Barat,yang mempersoalkan pembagian beras untuk warga miskin atau yang biasa disebut Beras Miskin (RASKIN) 2016 Sebab, setiap pembagian Raskin yang diberikan pemerintah diduga tidak tepat sasaran.karena sebagian warga dianggap mampu dari segi ekonomi,dan warga yang benar – benar miskin justru tidak terdaftar didalam Daftar Penerima Manfaat (DPM).

Turut hadir dalam audiensi tersebut,Kepala Desa Pademawu Barat,Anggota BPD Pademawu Barat beserta seluruh aparat desa,juga Babinkamtibmas dan Babinsa Pademawu Barat.

Ketua BPD Pademawu Barat Moh.Sahrul dalam penjelasannya dihadapan pihak audien menyampaikan,bisa dipastikan jika setiap tahun akan terjadi perubahan tingkat perekonomian diri gkat masyarakat,yang sebelumnya ketika didata mereka masuk kategori miskin, tapi setahun kemudian status ekonomian mereka masuk pra sejahtera,dan ada juga yang masuk kategori sejahtera,pada perubahan status ekonomi masyarakat tersebut.

“Sebelumnya bisa saja mereka tercatat sebagai warga miskin,beberapa tahun kemudian meningkat statusnya menjadi masyarakat pra sejahtera atau sejahtera,Sampainya.

Ketua Forum Pemuda Pademawu (FPP) Hairuddin,S.Hi menanyakan terkait penyaluran Raskin 2016, karena berdasarkan data penebusan dari Bulog bahwa Desa Pademawu Barat selama satu tahun sudah didistribusikan,dan ternyata beberapa warga mengadukan bahwa Raskin 2016 itu hanya dapat 4 kali.

“Saya selaku Ketua FPP ingin. menyampaikan keluh kesah warga Pademawu Barat ingin menanyakan apa yang sudah kami dapat di lapangan berdasar laporan warga Pademawu Barat,karena pendistribusian Raskin 2016 berdasarkan data yang kami peroleh dari Bulog,bahwa pendistribusian Raskin 2016 untuk Desa Pademawu Barat sudah tertebus semua selama setahun,berdasargan laporan warga Raskin 2016 itu warga ada yang dapat 4 kali,tutur Hairuddin.

Lebih lanjut Hairuddin menuturkan agar supaya kalau ada perubahan Data penerima supaya disosialisasikan agar masyarakat tidak kecewa.

“Kalaupun ada perubahan Data penerima Saya minta kepada Kepala Desa agar mensosialisasikan kepada semua warga Penerima,dengan. tujuan agar masyarakat tau dan supaya warga yang sudah tidak ada di DPM tau, karena selama ini warga tau ada pembagian Raskin otomatis warga datang setelah sampai di lokasi diberi tau kalau tidak ada di DPM,itu yang membuat warga kecewa,”sampainya.

Hairuddin berharap kepada kepala Desa Pademawu Barat untuk mendatangi warga yang sudah kecewa tersubur untuk menjelaskan dan meminta maaf.

” Saya berharap kepada Bapak Kades agar supaya segara mendatangi warga yang sudah kecewa tersebut untuk memberikan penjelasan dan sekaligus meminta maaf,”harapnya.

Kepala Desa Pademawu Barat H.Yusuf Ikhwani menyampaikan apa yang ditanyakan Ketua FPP,bahwa Raskin 2016 memang benar sudah ditebus semua selama satu tahun dan sudah didistribusikan sesuai dengan Daftar Penerima Manfaat (DPM),.

“Saya selaku Kepala Desa mengenai Raskin 2016 mulai dari bulan Januari sampai dengan Desember sudah kami tebus,dan kami sudah membagikannya sesuai dengan yang ada di DPM, karena saya tidak mau mengurangi atau menambah,Masalah warga yang biasa menerima tahun sebelumnya lantas tahun berikutnya tidak menerima, itu yang menentukan DPM bukan kami, sebab pendataan penerima Raskin itu dilakukan oleh pihak Badan Pusat Statistik (BPS),perlu diketahui untuk Desa Pademawu Barat di tahun sebelumnya itu mendapatkan pembagian sebanyak 565 penerima dan tahun berikutnya turun menjadi 242 penerima, dan tahun kemaren naik lagi menjadi 308 penerima,itu semua yang menentukan dari pusat desa tidak tau hanya menerima data tersebut dan mendistribusikan. sesuai DPM,” tutur Kades Pademawu Barat.

Tokoh Pemuda Pademawu Barat Zaini Werwer secara terpisah menyampaikan kepada awak media,supaya Pemkab Pamekasan daftar penerima raskin agar dilakukan evaluasi atau didata ulang. Selama ini data DPM sudah tidak sesuai dengan kondisi warga yang sebenarnya.

“Seharusnya pemerintah di tingkat desa mengusulkan daftar nama penerima raskin yang baru kepada kecamatan, lalu pihak kecamatan meneruskan usulan nama warga miskin ke Pemkab Pamekasan , selanjutnya dilaporkan ke BPS agar mengubah data lama penerima raskin. Sehingga data penerima raskin yang ada sekarang ini atau data lama, diganti dengan data yang baru sehingga bantuan Penerima Manfaat (BPM) betul-betul tepat sasaran,agar tidak terjadi simpang siur,”ungkap werwer.(mtr)


Categorised in:

No comment for Pencabutan DPM Raskin 2016 di Nilai Sepihak,FPP dan Warga Desa Pademawu Barat Datangi Kantor Desa,

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.