Menu Click to open Menus
Home » Hukrim » Wayan Titip: Harusnya “Henry J Gunawan” Sanksinya Dimaksimalkan 4 Tahun Penjara

Wayan Titip: Harusnya “Henry J Gunawan” Sanksinya Dimaksimalkan 4 Tahun Penjara

(89 Views) Oktober 9, 2018 12:56 pm | Published by | No comment

AWASNEWS.COM — Vonis 2 tahun 6 bulan yang dijatuhkan Pengadilan Negeri (PN) Surabaya pada terdakwa tipu gelap Henry J Gunawan, dinilai sebagai vonis yang bagus, walaupun hal itu belum tentu telah memenuhi rasa keadilan.

Pernyataan tersebut diutarakan oleh Praktisi Hukum Universitas Negeri Airlangga (Unair) Surabaya, I Wayan Titip Sulaksana.

” Vonis yang bagus, walau belum tentu memenuhi rasa keadilan bagi pedagang Pasar Turi.” Ujar lelaki yang dijuluki “Pengacara pendekar Putih itu, melalui keterangan tertulisnya, Selasa (9/10).

Menurut Wayan Titip, vonis pada terdakwa Henry seharusnya disesuaikan dengan tuntutan Jaksa Penuntut Umum (JPU), yang menuntut Henry dengan tuntutan 4 tahun hukuman penjara.

Wayan juga menegaskan, tidak ada alasan pemaaf yang dapat diijadikan dasar pertimbangan hakim untuk meringankan hukuman terdakwa.

“Harusnya sanksinya dimaksimalkan 4 tahun penjara dan segera masuk [penjara]. Tidak ada hal-hal yang meringankan.” Imbuhnya.

Seperti diketahui sebelumnya, Pengadilan Negeri Surabaya menjatuhkan vonis 2 tahun 6 bulan penjara pada terdakwa penipuan dan penggelapan Henry J Gunawan alias Cen Liang, Kamis (4/10/18).

Majelis hakim menilai, terdakwa telah memenuhi unsur pidana pasal 378 KUHP, karena menjanjikan kepemilikan kios berupa strata title pada para pedagang pasar Turi, padahal menurut hakim, yang berhak menerbitkan strata title itu adalah kantor Badan Pertanahan Nasional (BPN).

Dalam pertimbangannya, majelis hakim juga menolak semua alasan pembenar dan pembelaan dari kuasa hukum terdakwa yang sebelumnya menyatakan bahwa perkara ini merupakan perkara perdata.

Majelis menyatakan, perbuatan Henry adalah murni perbuatan pidana.

Perbuatan Henry dinilai telah memenuhi unsur menguntungkan diri sendiri dengan rangkain kebohongan sesuai pasal 378 KUHP.

Majelis hakim Menimbang, sesuai pasal 193 Kitab Undang-Undang Hukum Acara Pidana (KUHAP) terdakwa harus dijatuhi hukuman pidana.

” Perbuatan terdakwa telah meresahkan masyarakat khususnya pedagang pasar Turi, Mengadili menyatakan perbuatan terdakwa Henry J Gunawan terbukti secara sah melakukan tindak pidana penipuan, menjatuhkan pidana selama 2 tahun 6 bulan, ” Ucap Ketua Majelis Hakim Rokhmat, membacakan amar putusannya.

Dalam kasus ini, Henry J Gunawan, yang juga disebut sebagai bos PT Gala Bumi Perkasa, didakwa pasal 378 KUHP tentang Penipuan dan pasal 372 tentang Penggelapan.

Perbuatan terdakwa Henry disebut merugikan pedagang Pasar Turi dengan total kerugian lebih dari Rp 500 Juta Rupiah.

Kasus ini mencuat setelah pedagang Pasar Turi melaporkan Henry ke Polda Jatim pada Januari 2015. Mabes Polri lalu mengambil alih kasus tersebut.

Dalam laporan pedagang, Henry dilaporkan karena memungut Bea Perolehan Hak atas Tanah Dan Bangunan (BPHTB) atas kios pedagang Pasar Turi Surabaya.

Sementara sampai saat ini, para pedagang belum menerima sertifikat hak milik yang dijanjikan terdakwa pada para pedagang Pasar Turi.@ [Ahay].


Berita Terkait

No comment for Wayan Titip: Harusnya “Henry J Gunawan” Sanksinya Dimaksimalkan 4 Tahun Penjara

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.