Menu Click to open Menus
Home » Lintas Peristiwa » Heboh! Titik Gempa Di Situbondo, Dirasakan Masyarakat Pamekasan

Heboh! Titik Gempa Di Situbondo, Dirasakan Masyarakat Pamekasan

(133 Views) Oktober 11, 2018 2:09 am | Published by | No comment

Pamekasan-ANC. Gempa yang berpusat di 61 km sebelah timur laut Situbondo, Jawa Timur. Dengan titik koordinat pusat gempa yakni 7,42 Lintang Selatan dan 114,47 Bujur Timur. Gempa berada pada kedalaman 10 km, gempa terjadi pukul 01.44.57 WIB. Gempa ini tak berpotensi tsunami , akbiat guncangan juga terasa di Pamekasan, Madura, Jawa Timur, Kamis dini hari. (11/10/2018)

Sunnairi warga Desa Larangan Dalam Kec. Larangan kepada AwasNews.com (Media Forum Nusantara Group) Biro Pamekasan mengatakan, saya merasakan adanya gempa dan saya beserta keluarga langsung keluar rumah karena semakin lama getarannya semakin terasa.

“Gempa terasa sekitar 20 detik, warga Pamekasan khususnya Desa Larangan Dalam Kec. Larangan yang merasakan guncangan kemudian berhamburan keluar rumah. Namun tak lama setelah itu, warga kembali masuk ke rumah masing-masing. Suasana dini hari di kawasan permukiman masyarakat kembali sepi”, Ungkapnya.

Lanjut Sunnairi yang juga Staf Kecamatan Larangan, Menurut informasi yang beredar di Media Sosial dan Masyarakat sekitar bahwa Posko BNPB telah mengkonfirmasi dampak gempa ke BPBD Provinsi Jawa Timur. Data sementara dampak gempa dilaporkan 3 orang meninggal dunia dan beberapa rumah mengalami kerusakan. Daerah yang terparah adalah di Kecamatan Gayam Kabupaten Semenep Jawa Timur.

Tiga orang meninggal dunia adalah:

1) Nuril Kamiliya (L/7) Desa Prambanan, Kec. Gayam – Sumenep.

2) H. Nadhar (P/55) Dsn. Jambusok, Desa Prambanan, Kec. Gayam – Sumenep.

3) Laki-laki Dewasa (masih identifikasi) Desa Prambanan, Kec. Gayam – Sumenep.

” Korban meninggal akibat tertimpa bangunan yang roboh, Kejadian gempa Kamis dini hari saat korban sedang tidur tiba-tiba gempa mengguncang dan rumah roboh sehingga korban tidak bisa menyelamatkan diri” Tambahnya.

Selain itu beberapa rumah mengalami kerusakan. BPBD Provinsi Jawa Timur dan BPBD Kabupaten Sumenep masih melakukan pendataan. Kerusakan rumah terdapat di:

– Rumah rusak di desa Jambuir, Kec. Gayam Kepulauan Sapudi- Sumenep

– Rumah rusak di Kopedi Kec.Bluto – Sumenep.

– Rumah rusak di Kertasada Kec.Kalianget – Sumenep.

– Masjid Desa Gendang Timur Kec.Sepudi  – Sumenep.

– Rumah rusak di Nyabakan timur Kec.Batang-Batang  – Sumenep.

Gempa M6,4 yang kemudian telah dimutakhirkan menjadi M6,3 oleh BMKG terasa di seluruh wilayah Jawa Timur meliputi Kabupaten/Kota Situbondo, Jember, Banyuwangi, Lumajang, Kab. Probolinggo, Kota Probolinggo, Bondowoso, Sumenep, Pamekasan, Sampang, Bangkalan, Kab. Pasuruan  Kota Pasuruan, Kota Batu, Kota Malang,  Kab. Malang, Kab. Blitar, Surabaya, Sidoarjo, Jombang, Kab. Mojokerto, dan Kota Mojokerto.

“Kami berharap, semoga tidak ada gempa susulan lagi karena masyarakat masih trauma dengan kejiadan gempa dan tsunami yang menimpa saudara kita di Palu, Donggala, Sigi di Sulawesi Tengah”. Tutupnya. (persFNGpmk)


Berita Terkait

No comment for Heboh! Titik Gempa Di Situbondo, Dirasakan Masyarakat Pamekasan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.