Menu Click to open Menus
Home » Hukrim » Kejari Surabaya Ketahui Kemana Aliran Dana Hasil Korup Di Bank BRI

Kejari Surabaya Ketahui Kemana Aliran Dana Hasil Korup Di Bank BRI

(72 Views) Oktober 12, 2018 10:18 am | Published by | No comment

AWASNEWS.COM — Kejaksaan Negeri Surabaya menyatakan telah menemukan kemana arah aliran dana terkait kasus korupsi Bank Republik Indonesia (BRI) cabang Surabaya timur, yang menyeret internal pegawainya, hingga merugikan milyaran uang milik nasabah.

Kasus ini telah menjadi perhatian publik karena integritas pegawai BRI diragukan kredibilitasnya.

Pernyataan itu dilontarkan oleh Kepala Seksi Pidana Khusus (Kasi Pidsus) Kejari Surabaya Heru Kamarullah. Ia menduga, aliran dana itu mengalir pada orang dekat tersangka.

“Dugaan sementara aliran dananya mengalur ke rekening orang dekat tersangka.” Jelas Heru pada wartawan, Jumat (12/10).

Dalam kasus ini pihak Kejari Surabaya telah menetapkan seorang pegawai bagian teller [Bank] BRI Kasna Gustiansyah Sebagai tersangka.

Penyidik kata Heru, tak menetapkan orang dekat Kasna Gustiansyah sebagai tersangka lantaran perannya dalam hal ini masih sangat dibutuhkan untuk mengungkap siapa saja pihak lainnya yang diduga juga turut menikmati hasil korupsi tersebut.

” Sebenarnya kami (penyidik) belum berani ekspose namanya. Sebab orang ini kita pakai sebagai saksi. ” Kata Heru.

Diketahui sebelumnya, Kejari Surabaya telah melakukan penahanan pada tersangka Kasna Gustiansyah, mantan teller BRI Unit Surabaya Timur ini diduga Kuat telah melakukan tindak pidana korupsi dana milik nasabah BRI sebesar Rp1,09 miliar.

Warga jalan Pahlawan, Kabupaten Gresik itu rencananya akan menjalani penahanan selama 20 hari kedepan di Rutan kelas I Surabaya cabang Kejaksaan Tinggi (Kejati) Jatim yang ada Jalan Ahmad Yani.

Modus yang dilakukan tersangka adalah dengan melihat data atau rekening nasabah dengan nilai simpanan yang cukup besar. Dia juga mengidentifikasi bahwa nasabah tersebut jarang untuk mengambil uang simpanannya.

Lantas oleh Kasna, uang nasabah kemudian dipindah bukukan dengan menggunakan kertas kosong. Total ada sebanyak 26 nasabah yang dirugikan oleh tersangka.

Kasna melakukan tindak pidana korupsi itu mulai Januari hingga Agustus 2017. Sayangnya aksi ini terendus pihak BRI bahkan meminta Kasna untuk mengembalikan uang nasabah yang telah ia curi tersebut.

Namun Kasna mengaku tidak sanggup mengembalikan uang yang sudah dipergunakannya itu. sehingga pihak BRI melaporkan Kasna pada Kejari Surabaya.

Atas perbuatannya, KG dijerat Pasal 2, Pasal 3, Paasal 8 dan Pasal 9 UU Nomor 20 Tahun 2001 tentang Pemberantasan Tindak Pidana Korupsi. Ancaman hukumannya 20 tahun penjara. @ [Jun].


Berita Terkait

No comment for Kejari Surabaya Ketahui Kemana Aliran Dana Hasil Korup Di Bank BRI

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.