Menu Click to open Menus
Home » Hukrim » PN Surabaya Kabulkan Gugatan Perlawanan Ita Yuliana Pada Kurator

PN Surabaya Kabulkan Gugatan Perlawanan Ita Yuliana Pada Kurator

(271 Views) Oktober 18, 2018 9:29 am | Published by | No comment

AWASNEWS.COM — Pengadilan Negeri (PN) Surabaya mengabulkan gugatan Perlawanan yang dilayangkan Ita Yuliana pada Kurator Najib Gysmar dkk, atas kesalahan penyitaan aset toko Mitra Teknik milik penggugat [Ita Yuliana,red].

Ketua Majelis Hakim Hariyanto menyatakan, menolak semua dalil eksepsi dari para terlawan, dan menegaskan bahwa [Ita Yuliana] merupakan pelawan yang benar.

” Mengadili dalam eksepsi, menolak eksepsi terlawan satu dan terlawan dua, dalam provisi, menolak provisi terlawan. 2. Dalam pokok perkara, menyatakan pelawan adalah pelawan yang benar. 3. Mengabulkan perlawanan pelawan untuk sebagian, menyatakan bahwa pelawan adalah pemilik usaha Mitra Teknik di jalan Sultan Kaharuddin No.17-18, Brang Bara, Kecamatan Sumbawa, Kabupaten Sumbawa, dengan segala barang yang ada didalamnya,” ucap hakim ketua Hariyanto, Kamis (18/10).

Majelis hakim dalam amar putusannya juga menyatakan bahwa tiga bidang tanah kosong yang selama ini dalam penguasaan kurator adalah milik pelawan dan bukan termasuk obyek sita, sehingga tidak boleh disegel.

“Memerintahkan kepada terlawan satu dan terlawan dua menghentikan tindakan lelang sampai adanya putusan yang berkekuatan hukum tetap. Menghukum terlawan satu dan terlawan dua secara tanggung renteng membayar biaya perkara,” tutup hakim Hariyanto.

Mendengar putusan hakim, Ita langsung meluapkan kegembirannya, Bahkan mata Ita sempat berkaca-kaca terharu karena gugatan perlawanan atas kesalahan penyitaan aset toko Mitra Teknik, yang ia layangkan dikabulkan majelis hakim.

” Kami ucapkan terimakasih pada rekan-rekan media yang mendukung upaya hukum kami, juga pada tim pengacara yang selama ini rela mendampingi tanpa meminta imbalan apapun.” Ujar Ita saat menggelar konpers di halaman PN Surabaya.

Ucapan terimakasih juga dilontarkan Ita pada mejelis hakim yang menangani perkara ini.

“Kami berterimakasih kepada yang mulia majelis hakim karena sudah mengambil putusan yang aeadil-adilnya dengan mengabulkan gugatan kami.” Imbuh Ita.

Ditambahkan Ita, setelah putusan ini pihaknya akan mengambil jalur hukum atas kehilangan beberapa asetnya yang berada di toko Mitra Teknik.

Dikesempatan yang sama, Lussy selaku orang tua Ita Yuliana juga mengapresiasi putusan itu, ia menyatakan hakim PN Surabaya telah berlaku adil dan jeli dalam memeriksa perkara ini.

Perlu diketahui, pasca putusan palit No 35/pailit/2012/PN.Niaga Surabaya, pada 23 Nopember 2017 silam. Kurator Najib Gysmar dan kurator Mohamad Achin bersama sekelompok orang mendatangi toko Mitra Teknik milik Ita Yuliana dan melakukan pengerusakan dan penyegelan.

Najib dkk diketahui juga mengambil barang-barang dari toko bahan bangunan itu yang sampai saat ini tidak diketahui keberadaanya.

Kurator Najib Gysmar juga diduga melanggar kewenangan, yakni melakukan penyitaan terhadap harta benda yang tidak tercantum dalam surat pemberitahuan pelaksanaan penyegelan dari Pengadilan Niaga Surabaya.

Harta benda itu diketahui bukan termasuk dalam agunan kredit karena merupakan harta pribadi Ita Yuliana dan bukan merupakan obyek harta dari boedel pailit.

Harta benda Ita Yuliana yang ikut disita itu ialah, barang antik berupa permata, patung, gading dan lukisan. Stok barang dagangan di toko Mitra Teknik serta tiga bidang tanah di desa Kerato dengan SHM No 929/Kerato, SHM No 930/Kerato dan SHM 931/Kerato.

Pada 11 Nopember 2017, aksi perusakan dan perampasan itu dilaporkan ke Bareskrim Polri. Lalu Pada 20 Desember 2017, Najib juga dilaporkan ke Komnas HAM. Dan Pada 22 Desember 2017, Najib kembali dilaporkan ke Ikatan Kurator Indonesia terkait adanya pelanggaran kode Etik.@ [Jun]


Berita Terkait

No comment for PN Surabaya Kabulkan Gugatan Perlawanan Ita Yuliana Pada Kurator

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.