Menu Click to open Menus
Home » Internasional » Arab Saudi Akui Jurnalis Washington Post Tewas Dibunuh

Arab Saudi Akui Jurnalis Washington Post Tewas Dibunuh

(100 Views) Oktober 20, 2018 5:44 am | Published by | No comment

AWASNEWS.COM — Jurnalis Arab Saudi, Jamal Kashogi tewas dibunuh pada 2 Oktober 2018. Saat terjadi pertikaian dikantor konsulat Istanbul Turki. Pemerintah kerajaan Arab Saudi membenarkan hal itu.

Kontributor The Washington Post itu sebelumnya dikabarkan hilang selama dua pekan.

Disebutkan, pria 59 tahun itu tewas dalam pertikaian saat interogasi. Khashoggi sebenarnya datang ke kantor konsulat untuk mengambil dokumen terkait rencana pernikahannya dengan perempuan Turki.

‚ÄúDiskusi antara Jamal Khashoggi dengan orang-orang yang ditemuinya di konsulat di Istanbul berubah menjadi pertikaian, yang menyebabkan kematiannya,” demikian laporan kantor berita Saudi Press Agency (SPA), yang mengutip pernyataan jaksa penuntut umum, sebagaimana dilaporkan kembali AFP, Sabtu (20/10/2018).

Namun tak disebutkan bagaimana proses Khashoggi tewas. Laporan berbagai media, berdasarkan rekaman suara yang bocor, tubuh Khashoggi dimutilasi lalu mayatnya dimusnahkan.

Presiden Recep Tayyip Erdogan sebelumnya menyebut, hasil penyelidikan mendapati adanya zat beracun yang seolah ditutupi. Dia juga mempertanyakan pengecetan ulang kantor konsulat yang memicu kecurigaan. Penyelidikan soal kekejian ini masih berlangsung melibatkan penyelidik forensik Turki dan Arab Saudi.

Bersamaan dengan pengumuman terbunuhnya Khashoggi, Kerajaan juga memecat pejabat tinggi intelijen Ahmad Al Assiri serta penasihat media istana, Saud Al Qahtani. Mereka merupakan pembantu utama Putra Mahkota Muhammed bin Salman yang telah menghadapi tekanan yang meningkat atas urusan Khashoggi.

Selain dua orang itu, Kerajaan juga telah menangkap 18 orang. Raja Saudi juga memerintahkan pembentukan komite menteri di bawah kepemimpinan putra mahkota untuk merestrukturisasi badan intelijen kerajaan.@ [J2/AW]


Berita Terkait

No comment for Arab Saudi Akui Jurnalis Washington Post Tewas Dibunuh

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.