Menu Click to open Menus
Home » Opini » Warga Suku Bajo, Kembali Mendatangi Kantor DPRD Bone

Warga Suku Bajo, Kembali Mendatangi Kantor DPRD Bone

(96 Views) Oktober 23, 2018 10:49 am | Published by | No comment

BONE,AWAS.COM-Setelah sekian lama tidak terdengar lagi kisrus terkait lahan pesisir pantai Bajo di Kelurahan Bajoe Kecamatan Tanete Riattang Timur Kabupaten Bone Sulawesi-Selatan, Selasa 22 Oktober 2018 sekitar pukul 09.30 pagi tadi, puluhan warga yang tergabung dalam Kerukunan Keluarga Suku Bajo (KKSB) kembali mendatangi Kantor DPRD di Jalan Kompleks Stadion Lapatau Bone.

Kedatangan warga Suku Bajo ke Kantor DPRD Bone untuk menyampaikan aspirasi mereka, terkait lahan yang sekarang mereka tempati sejak turun temurun namun di klaim pihak lain bahwa lokasi tersebut sudah ada yang memiliki.

Suku Bajo bersama perwakilannya Andi Sultan didampingi Ketua DPC LSM LPKP- PLH DKI, Bustan Dg Tunru dalam tuntuntannya memohon kepada DPRD Bone untuk memfasilitasi mereka agar dapat dipertemukan dengan Bupati Bone bersama Kapolres Bone guna membahas masalah yang mereka hadapi dalam sebuah forum.

Hadir menerima aspirasi dari DPRD Bone diantaranya, Andi Idris Alang dari Komisi II, H.Saefullah Latif dari Komisi I, Indra Jaya serta Rusdi.

Ketua Komisi I, H. Saefullah Latief selaku penerima aspirasi Suku Bajo menyatakan  DPRD bekerja berdasarkan regulasi, aspirasi dari suku Bajo kami terima dan akan ditindak lanjuti, dengan menyampaikan hal tersebut ke Ketua DPRD Bone.

Ketua DPRD nantinya akan membuat disposisi ke Komisi yang membidangi masalah ini, kalau melihat masalahnya domainnya Komisi I, sedangkan secara teknis
kaitannya kelautan itu merupakan domain Komisi II, urainya.

Saifullah menambahkan agar kiranya pihak yang menyampaikan aspirasi dapat bersabar untuk menunggu masalah ini dirapat kerjakan, kalau di DPRD sendiri setiap masalah akan ditindak lanjuti namun waktunya ada yang cepat berproses dan ada yang memakan waktu lama.

DPRD merupakan mediator, bisa saja yang salah menjadi benar begitupun yang benar menjadi salah, tergantung dari kesepakatan serta fakta dan bukti-bukti yang ada.

Dalam rapat dengar pendapat yang akan dilaksanakan nantinya,  pihak DPRD akan menghadirkan pihak atau instansi yang membidangi masalah ini, ulasnya.

Sementara itu di tempat yang sama, Ketua DPC LSM LPKP PLH DKI yang turut mendampingi suku Bajo menyatakan terkait dengan SPPT yang dimiliki sekelompok orang untuk lahan tersebut, itu bukan merupakan bukti hak kepemilikan, namunpun pun kelompok tersebut mengklaim bahwa itu miliknya.

Suku Bajo itu sudah turun temurun tinggal di lokasi laut karena memang itu sudah kebiasaan mulai dari masa lampau dan yang terpenting komunitas Suku Bajo tidak bisa dipisahkan dari laut, singkatnya.(Idrus)


Categorised in:

No comment for Warga Suku Bajo, Kembali Mendatangi Kantor DPRD Bone

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.