Menu Click to open Menus
Home » Opini » Kisruh Lahan Suku Bajo, LSM BPKP NKRI Bone Angkat Bicara

Kisruh Lahan Suku Bajo, LSM BPKP NKRI Bone Angkat Bicara

(74 Views) Oktober 24, 2018 10:55 am | Published by | No comment

BONE,AWASNEWS.COM-Terkait dengan kisruh lahan Suku Bajo yang menjadi polemik sudahbertahun-tahun lamanya, namun belum ada penyelesaian sampai sekarang ini.

Selasa, 23 Oktober 2018 suku Bajo mendatangi Kantor DPRD untuk menyampaikan aspirasinya kepada Ketua DPRD agar dapat difasilitasi untuk dipertemukan dengan Bupati Bone bersama Kapolres Bone dalam sebuah forum namun kemarin terkait dengan regulasi tata tertib DPRD maka hal tersebut belum sempat terealisasi.

Melihat kondisi dan mencermati permasalahan tersebut, Ketua Badan Pemantau Korupsi Penyelenggara Negara Kesatuan RI (BPKP NKRI) Kab Bone, Andi Arifin angkat bicara prihal masalah itu, Rabu,24 Oktober 2018.

Menurutnya dalam rilis tertulisnya, Ia melihat Suku Bajo sebagai warga negara yang merupakan bahagian anak negeri yang butuh Sandan dan Pangan, Suku Bajo sebagai anak bangsa harus punya ruang dan tempat yang sama dengan anak Negeri Indonesia lainnya yang hidup dalam pendidikan yang cukup serta kesehatan yang terjamin.

“Semua pihak harus mengangkat martabat Suku Bajo sejajar dengan warga masyarakat lainnya, karena Suku Bajo sebagai pejuang ekonomi dan harkat hidup masyarakat Bone dan sekitarnya harus dibimbing untuk peningkatan hidup yang lebih baik,” ungkap Andi Arifin.

Andi Arifin melanjutkan Suku Bajo jangan dijadikan sarana untuk mendapatkan keuntungan oleh pihak yang tidak bertanggung jawab, Suku Bajo harus punya tempat serta peralatan yang baik untuk mengembangkan usaha melaut yang sudah menjadi pekerjaan rutin turun temurun.

Semua pihak yang menempati lokasi atau lahan di sekitar wilayah Suku Bajo harus melalui proses secara hukum terkait siapa -siapa yang berhak atas kepemilikan akan lahan tersebut, yang secara adat sudah ditempatinya sejak dulu kala,tutupnya. (Idrus)


Categorised in:

No comment for Kisruh Lahan Suku Bajo, LSM BPKP NKRI Bone Angkat Bicara

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.