Menu Click to open Menus
Home » Nasional » Pengibar Bendera Berlafadz Tauhid Yang Ditangkap Polisi Diketahui Sebagai Pegawai Toko Bangunan

Pengibar Bendera Berlafadz Tauhid Yang Ditangkap Polisi Diketahui Sebagai Pegawai Toko Bangunan

(107 Views) Oktober 26, 2018 12:07 am | Published by | No comment

AWASNEWS.COM — Polisi berhasil menangkap pengibar bendera berlafadz tauhid yang dibakar oleh anggota Banser pada perayaan Hari Santri Nasional di Garut, Jawa Barat, Senin 22 Oktober 2018 lalu.

Pelaku diketahui bernama Uus Sukmana, warga Desa Cibatu, Garut. Ia ditangkap polisi saat sedang bekerja di sebuah toko bangunan di Daerah Bandung.

“Yang bersangkutan bernama Uus Sukmana berasal dari Desa Cibatu Garut dan ditangkap di Jalan Laksmi Bandung, di tempat kerjanya. Dia bekerja di toko bangunan,” kata Kepala Badan Reserse Kriminal Polri Komisaris Jenderal Polisi Arif Sulistyanto.

Arief menjelaskan, pembakaran bendera berawal saat seseorang berinisial US (34) mengibarkan bendera yang identik dengan bendera HTI.

“Orang yang mengibarkan ini diamankan oleh Banser dan mengakui bahwa yang bersangkutan yang membawa bendera itu. Sehingga benderanya diambil,” terang Arief.

Pelaku pun sempat diamankan dan dimintai identitasnya. Namun, pelaku tak membawa kartu tanda penduduk (KTP) dan sempat dilepaskan.

Dalam acara tersebut, Arief menyampaikan sebenarnya panitia pelaksana sudah menyusun dengan baik dan ada larangan membawa bendera selain bendera merah putih.

“Dan di dalam pelaksanaan upacara itu yang sebenarnya dilakukan tapi tiba-tiba muncul saudara Uus ini dengan mengibarkan bendera,” katanya.

Saat ini, pelaku sedang dalam pemeriksaan di Polda Jabar. Untuk status pelaku, kata Arief, yang bersangkutan masih terperiksa. Ia menuturkan, bahwa polisi akan menyampaikan secara lengkap pada hari ini, Jumat (26/10).

Untuk ketiga orang yang sempat diamankan yang membakar bendera, Arief menuturkan, hingga saat ini tak ditemukan adanya niat jahat untuk melakukan pembakaran.

“Kami berpegangan pada hukum positif, hukum pidana yang ada di Indonesia, sehingga perspektif kami adalah hukum pidana. Itu lah fakta yang kami peroleh, nah besok akan saya jelaskan,” katanya.@ [AW]


Berita Terkait

No comment for Pengibar Bendera Berlafadz Tauhid Yang Ditangkap Polisi Diketahui Sebagai Pegawai Toko Bangunan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.